48 Pengaduan Pelanggaran HAM selama Tahun 2012 di Sumut

Written By Unknown on Selasa, 11 Desember 2012 | 12.41

Tribun Batam - Selasa, 11 Desember 2012 11:15 WIB

TRIBUNNEWSBATAM, MEDAN - Memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional yang jatuh pada Selasa (11/12/2012), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan dalam laporan akhir tahunnya menyatakan pada 2012, 48 pengaduan kasus pelanggaran HAM di Sumut yang mereka terima.

Ke-48 pengaduan tersebut adalah, 37 kasus yang dilakukan aparat kepolisian, sembilan kasus yang dilakukan aparat TNI dan dua kasus yang dilakukan Satpol PP.

"Semuanya masuk dalam daftar laporan kita," kata Surya Adinata, Direktur LBH Medan.

Sedangkan dalam kategori tindak pidana menggunakan senjata api sebanyak 56 kasus dengan korban sebanyak 60 orang. Dua diantaranya tewas karena dianiaya oleh pelaku.

Barang-barang korban yang dilarikan para pelaku mencapai total kerugian sebesar Rp 1,5 miliar dengan perincian 17 unit sepeda motor, dua unit mobil berjenis satu unit laptop, empat unit komputer, delapan unit CPU, dua unit monitor, satu unit kapal laut, alat komunikasi kapal laut, satelit, dan dokumen kapal laut.

"Semua barang bukti itu adalah hasil dari korban yang dilarikan para pelaku pelanggar HAM yang mengadu ke kita," ucap Surya.

Dalam memperingati Hari HAM Internasional ini, Surya meminta, khususnya aparat kepolisian sebagai penegak hukum, melindungi dan melayani masyarakat, bukan malah memberikan contoh perilaku yang buruk pada masyarakat.

"Mereka selalu mengatakan penegakan hukum, tapi tidak mengayomi rakyat. Buktikan saja, setiap ada perselisihan yang melibatkan rakyat dan perusahaan selalu yang menjadi korban kekerasan itu rakyat," ungkap Surya.

Saat ditanya, sampai sejauh mana penanganan proses pengaduan LBH, Surya mengatakan masih diproses pihak kepolisian.

"Sebenarnya kita sudah mendorong ke ranah pengadilan, namun masih lemahnya aparat kepolisian untuk mengungkapkan kejadian tersebut," ucapnya kembali.

Selain proses hukum, LBH juga sudah melayangkan pengaduan yang diterima ke Komnas HAM.

"Kita sudah propramkan dan juga rekomendasi ke komnas ham. Dan itu sudah ditindak lanjuti, namun ada juga yang belum ditindak lanjuti," tegasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

48 Pengaduan Pelanggaran HAM selama Tahun 2012 di Sumut

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/12/48-pengaduan-pelanggaran-ham-selama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

48 Pengaduan Pelanggaran HAM selama Tahun 2012 di Sumut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

48 Pengaduan Pelanggaran HAM selama Tahun 2012 di Sumut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger