Kecepatan Angin Selama Kebakaran di KPLI Batam 33 Km/Jam

Written By Unknown on Jumat, 15 Maret 2013 | 12.41

Tribun Batam - Jumat, 15 Maret 2013 09:43 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Septyan Mulia Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam menyebutkan, kebakaran di area Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI) Kabil, Rabu (13/3/2013) kecepatan angin sedang. 

Yakni mencapai 16 knot atau setara dengan 33 km/jam pada pukul 13.00 WIB, sehingga asap tebal mengikuti arah angin pada saat itu mengarah dari utara menuju selatan.


Kepala Stasiun Metereologi Hang Nadim, Batam Philip Mustamu, SSos melalui prakirawannya mengatakan adanya kepulan asap tersebut juga tidak menggangu lalu lintas penerbangan pada saat itu.

"Bila melihat ada arah anginnya, diprakirakan mengarah menuju pulau Rempang dan Galang. Tidak sampai menggangu lalu lintas penerbangan juga, karena posisi bandara berada jauh dari lokasi. Meskipun, sempat terlihat kepulan asap dari sini," ujar prakirawan tersebut, Kamis (14/3/2013).

Ditemui diruangannya, ia menambahkan mengenai dampak yang ditimbulkan dari adanya kepulan asap akibat kebakaran ini, pihaknya menjelaskan untuk hal tersebut tidak menggangu perubahan cuaca maupun hal yang berkenaan dengan hal tersebut.

"Untuk perubahan cuaca seperti terjadi hujan asam, sepertinya tidak terlalu berpengaruh. Hanya mungkin bila kepulan asap mengarah ke bandara pada saat itu, akan menggangu mesin pesawat jet yang sensitif akan hal tersebut," ungkapnya.

Untuk ciri-ciri hujan asam sendiri biasa disebabkan oleh adanya uap air yang mengandung sulfur atau belerang di dalamnya.

"Mungkin, untuk skalanya bila dalam skala besar dimungkinkan hal itu terjadi. Tetapi, hal tersebut kan butuh dilakukan uji pH terhadap kandungan air. Yang jelas, untuk hujan asam dapat merusak lingkungan," jelasnya. (*) 


Anda sedang membaca artikel tentang

Kecepatan Angin Selama Kebakaran di KPLI Batam 33 Km/Jam

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/03/kecepatan-angin-selama-kebakaran-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kecepatan Angin Selama Kebakaran di KPLI Batam 33 Km/Jam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kecepatan Angin Selama Kebakaran di KPLI Batam 33 Km/Jam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger