Hampir Semua SKPD Anambas Dapat Raport Merah

Written By Unknown on Sabtu, 04 Mei 2013 | 12.41

Tribun Batam - Sabtu, 4 Mei 2013 09:48 WIB

Laporan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNBATAM, ANAMBAS

- Hampir semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mendapatkan raport merah, selama penyelenggaraan pemerintahan di tahun 2012.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat paripurna di DPRD Anambas dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kepulauan Anambas dengan tahun anggaran 2012 di aula DPRD Anambas, Tarempa, Jumat(3/5) pagi.

"Setelah menelaah Laporan Pertanggungjawaban Bupati Kepulauan Anambas tahun 2012, kami melihat, menimbang dan memperhatikan masih banyak SKPD yang belum fokus dan konsen dalam menjalankan tugas pokoknya masing-masing padahal telah banyak program dan kegiatan pembangunan yang dilakukan dengan anggaran yang cukup lumayan besar," Kata Riko Sinaga, Juru bicara Pansus LKPJ dihadapan Bupati dan tamu undangan.

Pria yang juga anggota Komisi 1 juga mengatakan meski demikian, patut juga di syukuri bahwa pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat sudah semakin membaik. Dimana hal tersebut didukung oleh ketersediaan anggaran pembangunan yang telah mencapai Rp 1,1 Triliun (Rp.1.144.119.744.077) yang dialokasikan untuk membiaya sekitar 216 program dan 1365 kegiatan pembangunan.

Salah satunya program yang dilakukan pada bidang kesehatan. Berdasarkan LKPJ Bupati tahun 2012,Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah melaksanakan 14 program dan 30 kegiatan Kesehatan dalam APBD dengan pagu anggaran sebesar Rp.48.018.310.441 dan realisasi keuangan sebesar Rp.42.701.797.085,- atau 88,93 persen.

"Namun demikian hingga saat ini persentase tenaga kesehatan yang menolong kelahiran masih pada angka 68,41 persen. Dengan distribusi 10,17 persen ditolong Dokter, 53,17 persen di tolong oleh bidan, dan sisanya ditolong oleh tenaga medis dan dukun bersalin. Selain itu ketersediaan dokter spesialis di Anambas masih sangat terbatas, dimana sebelumnye berjumlah 3 orang, kini hanya ada 1 orang saja.

Dengan demikian di bidang kesehatan, pemerintah tidak bisa mengindetifikasi dan merumuskan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan APBD 2012," tambah Riko.

Hal yang sama juga di komentari Dewan pada bidang pendidikan. Dimana peningkatan pencapaian realiasasi anggaran ini belum di ikuti dengan peningkatan kualitas tingkat pendidikan secara umum di Kabupaten Anambas. Saat ini tingkat pendidikan tinggi hanya terjadi kenaikan tidak terlalu tinggi. Dari 4,92 persen pada tahun 2011 menjadi 5,21 persen pada tahun 2012. Sedangkan tingkat pendidikan SD hingga SLTA masih pada presentasi 53,68 persen.

"Ironisnya, dalam pelaksanaan urusan pendidikan, pemerintah tidak terbuka dan transparan dalam menyampaikan permasalahan yang dihadapi serta solusi yang akan diambilnya," jelanya.

Dibidang lain, Dewan juga menyoroti rapor merah yang dimiliki oleh bidang perhubungan, pekerjaan umum, Penataan Ruang, Perencanaan Pembangunan, Lingkungan Hidup, pertanahan, kependudukan dan catatan sipil hingga sosial.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin mengakui adanya kekurangan disana dan sini dari SKPD. Mengingat pemerintah kabupaten baru berjalan empat tahun dan masih perlu adanya pembenah. "Itulah fungsinya kemitraan dengan DPRD , jadi semua kelemahan kita selama pemerintahan bisa ketahuan dan jeli terlihat dari luar. Kalau dari internal pasti akan sulit," Kata Tengku Mukhtaruddin.

Ketika singgung apa yang akan dilakukannya untuk memperbaiki segala kekurangan tersebut, dengan lugas pihaknya mengatakan akan memperhatikan dan menyoroti kekruangan tersebut. Dan akan melakukan evaluasi secara berkala.

"Dari 26 butir yang mendapatkan kartu kuning, akan kita evaluasi dan rapatkan kembali. Begitu juga pada hal kedisiplinan dan kinerja SKPD dan pegawai kita," tutupnya sambil tersenyum.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hampir Semua SKPD Anambas Dapat Raport Merah

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/05/hampir-semua-skpd-anambas-dapat-raport.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hampir Semua SKPD Anambas Dapat Raport Merah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hampir Semua SKPD Anambas Dapat Raport Merah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger