Daging Dari Brazil Beredar Di Batam

Written By Unknown on Senin, 23 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

BATAM, TRIBUN - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Kepulauan Riau kembali menggelar pelatihan internal auditor.

Latihan ini untuk penerapan sistem jaminan halal ke-7 di lingkungan perusahaan, Sabtu dan Minggu (21-22/9/2013).

Menurut Jois, seorang peserta, dinilai sangat bermanfaat bagi usaha jajanan makanannya. Ia diberi arahan bahan-bahan makanan yang halal, proses pemasakan, hingga tempat penyimpanan.

"Walaupun saya bukan muslim, pelatihan ini sangat bermanfaat. Terutama untuk menjamin status halal makanan. Karena banyak customer juga dari Malaysia yang mempertanyakan halalnya," ucap Jois usai kegiatan di Panorama Regency Hotel, Sabtu (21/9/2013).

Wakil Direktur LP POM MUI Kepri, Khairuddin Nasution BSc menuturkan, tujuan pelatihan yang sudah berlangsung kesekian kali ini, yakni menyamakan persepsi halal di antara internal auditor perusahaan makanan.

Apalagi di lapangan, auditor LP POM MUI Kepri masih banyak menemukan daging ayam dari negara Brazil beredar di industri dan perusahaan makanan. Padahal dari segi izin, daging itu belum ada izin edar dari pemerintah.

"Tujuannya mereka harus paham. Karena banyak juga laporan auditor, daging ayam Brazil beredar di Batam," ucap Khairuddin.

Atas laporan itu, tindakan pertama yang dilakukan pihaknya yakni mengarahkan pihak perusahaan untuk membeli daging ayam di Jakarta ataupun di New Zaeland.
Jika tetap membandel setelah tiga kali diperingatkan, sertifikat halalnya tidak akan diterbitkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam, Suhartini, belum dapat dikonfirmasi terkait kebenaran izin edar daging ayam Brazil tersebut di Batam.

Untuk perusahaan yang ikutserta dalam pelatihan internal auditor sistem jaminan halal ini, terdiri dari 28 perusahaan, baik dari Batam, Tanjungpinang dan Tanjungbalai Karimun.

Mereka yakni, Handmade Dinsum, Restaurant Hotel Harmoni One, RPH Bukit Mas Ikral, CV Al Fath Katering, RM Kota Buana, RM Salero Basamo, Yoyo Bakery, Kikuka Kreasindo, CV Anggraeni dan CV Sadaya Putra Sukses.

Selain itu juga diikuti perusahaan Gilingan Arema, PT Sumber Izumi Mas Perkasa (Sanford), CV Chandra Charlie, PT Gajah Izumi Mas Perkasa, CV Meva Rezeki, PT Panca Rasa Pratama, Warung Inoeng, Raja Gurih, Aneka Rasa, KSM Katering, bakery & cake, restaurant Hotel Virgo, Kerupuk Sumber Rezeki, RPH Barokah, RM Pak Tjomot, Tiramizu Bakery, Pondok Santai Indah Sea Food, Bakso Jawa Timur, dan Restaurant Panorama Regency Hotel.


Anda sedang membaca artikel tentang

Daging Dari Brazil Beredar Di Batam

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/daging-dari-brazil-beredar-di-batam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Daging Dari Brazil Beredar Di Batam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Daging Dari Brazil Beredar Di Batam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger