Presiden Buruh FSPMI Dukung Buruh Menjadi Calon Legislatif

Written By Unknown on Minggu, 16 Maret 2014 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Presiden buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Said Iqbal mendukung para buruh yang mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif.

Usai perayaan hari ulang tahun ke-15 FSPMI, pria itu menyatakan saat ini pergerakan buruh tak lagi dalam bidang sosial ekonomi, tapi juga sosial politik.

"Selama ini, nggak ada yang melindungi buruh secara politik, ketika diserang preman, diserang yang lain. Ditangkap polisi. Makanya sekarang buruh juga akan masuk ke DPRD," ujar Said Iqbal, Sabtu (15/3/2014) sore di sela-sela konser Slank di stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning Batam, Kepri.

Apalagi menurutnya, di tahun 2014 ini 44 juta buruh formal dan keluarganya akan memilih atau memberikan hak suaranya.

"Ini bukan suara yang kecil. KSPI saja anggotanya 1,4 juta, kalau sama keluarganya bisa kurang lebih 3 jutaan," ucap Said.

Katanya selama ini buruh dibuat hanya menjadi skrup pembangunan, yang sebelum pemilu suaranya diambil. Namun usai memberikan hak pilihnya, kepentingan buruh justru tidak diakomodir alias ditinggalkan.

"Kami tidak akan memilih pemimpin yang pro upah murah. Prinsipnya gerakan buruh itukan gerakan sosial ekonomi. Saya pribadi nggak setuju sama upah murah buruh di Batam, Bintan dan Karimun," kata Said Iqbal.

Khusus Kepri, kata Said ada beberapa hal menjadi fokus perjuangan buruh. Di antaranya kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) sebesar 30 persen di tahun 2015, KHL menjadi 84 poin, jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, jaminan pensiun wajib, dan dihapusnya outsourching.

"Jaminan kesehatan harus jelas, tidak boleh lagi ada yang ditolak. Karena anggaran sudah Rp20 triliun untuk itu, kalau ada masyarakat yang ditolak kami bahkan akan turun," ucapnya tegas.

Kemudian Said Iqbal sempat mengkritisi kondisi transportasi publik yang minim di Kota Batam. Sehingga menyulitkan para buruh.

"Saya lihat transportasi publik nggak ada di Batam ini. Di Bangkok saja ada, apakah pemerintah bisa? Seharusnya bisa.Karena transportasi ini menjadi salah satu kebutuhan utama bagi pekerja. Juga perumahan khusus buruh yang masih minim di Batam. Itu saja yang kami minta juga kepada pemerintah, transportasi publik yang gratis, perumahan murah bagi buruh," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Presiden Buruh FSPMI Dukung Buruh Menjadi Calon Legislatif

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/03/presiden-buruh-fspmi-dukung-buruh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Presiden Buruh FSPMI Dukung Buruh Menjadi Calon Legislatif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Presiden Buruh FSPMI Dukung Buruh Menjadi Calon Legislatif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger