Saksi Aritonang Beberkan Penggelembungan Suara Caleg di Batam

Written By Unknown on Rabu, 30 April 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Thomm Limahekin

TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG- Rapat pleno perbaikan rekapitulasi hasil perolehan suara pileg dapil Batam di KPU Kepri, menguak dugaan penggelembungan suara yang terjadi selama ini. 

Adanya dugaan permainan itu terlihat dari perbedaan jumlah suara antara hasil pleno KPU Kota Batam sebelumnya dan data suara yang dimiliki oleh para saksi. Salah satu dugaan permainan itu terjadi pada suara Surya Sardi, calon legislatif (Caleg) partai Demokrat.

Aritonang, seorang saksi calon DPD membeberkan jumlah suara yang diraih Surya pada dapil Batam 1. Dari data yang ditunjukkannya telihat bahwa suara yang diraih Surya mencapai 2.751. Namun, suara tersebut berubah menjadi 2.801.

Sementara caleg partai Demokrat yang suaranya juga digelembungkan adalah Mesrawati Tampubolon. Jumlah suara sebenarnya yang diraih Mesrawati adalah 2773. Namun, suara tersebut berubah menjadi 2.793.

"Dengan permainan jumlah suara ini, maka total jumlah suara Caleg dan partai Demokrat di Dapil Batam 1 berubah menjadi 15.282. Padahal total suara sebenarnya hanya mencapai 10281. Dengan permainan jumlah suara itu, partai Demokrat mendapat 2 kursi. Padahal berdasarkan total suara sebenarnya, mereka hanya dapatkan 1 kursi. Jadi, pertanyaannya siapa yang bermain," ungkap Aritonang.

Selain suara caleg partai Demokrat tadi, dugaan permainan suara pun terjadi pada caleg PDIP. Aritonang mencontohkan, caleg PDIP Bomen Hutagalung dari dapil Batam 2 nomor urut 2 meraih suara 1.401. Namun, suaranya diubah menjadi 2.601.

"Masih banya lagi ada dugaan permainan jumlah suara ini. Tetapi semuanya akhirnya kembali normal setelah adanya rapat pleno perbaikan rekapitulasi penghitungan suara ini," timpal Aritonang.

Kendatipun demikian, hasil rapat pleno perbaikan ini ditentang oleh Surya Sardi, dan saksi-saksi dari Partai Hanura dan PKB. Menurut para saksi ini hasil rapat pleno perbaikan tersebut dinyatakan tidak sah.

Pertentangan ini membuat Surya dan saksi lain yang sepihak dengannya terlibat debat dengan Aritonang dan saksi-saksi dari PKS, PAN dan lain-lain.


Anda sedang membaca artikel tentang

Saksi Aritonang Beberkan Penggelembungan Suara Caleg di Batam

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/04/saksi-aritonang-beberkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Saksi Aritonang Beberkan Penggelembungan Suara Caleg di Batam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Saksi Aritonang Beberkan Penggelembungan Suara Caleg di Batam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger