Aman dari Bencana Alam, Bappenas Pilih Batam jadi Pusat Penyimpanan Data

Written By Unknown on Jumat, 23 Mei 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Batam aman dari bencana alam. Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pun kembali memilih Batam sebagai lokasi penyimpanan data-data untuk pengembangan daerah.

Sudah bekerjasama selama tiga tahun, Bappenas kembali mempercayakan Informasi Teknologi (IT) Centre milik Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai bank data pihaknya.

Sekretaris Menteri Bappenas, Slamet Seno Adji mengatakan, pihaknya perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas pengolahan data. Sekaligus memerlukan pusat data yang aman dari gangguan-gangguan, salah satunya gangguan bencana alam.

"Kami perlu adanya pusat data dan recovery data yang aman. Jauh dari hal-hal teknis, seperti bencana alam dan sebagainya. Ini menjadi back up buat data kami, karena Batam kami rasa cukup aman dari bencana," ucapnya usai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Bappenas dan BP Batam, Jumat (23/5) di lantai 1 Gedung IT Centre.

Ia memaparkan penyimpanan data Bappenas sudah dilakukan secara bertahap, sejak tiga tahun yang lalu. Adapun data-data yang telah disimpan seperti data-data mengenai perencanaan, data pelaksanaan tugas sehari-hari, dan banyak lagi.

"Seperti data email, komunikasi-komunikasi. Sekarang terus kita tingkatkan. Dari sini juga sistem pengantaran antara daerah dan perencanaan yang kita lakukan. Ini penunjang bapenasnya saja," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia yang didampingi oleh Kepala BP Batam, Mustofa Widjaya pun sempat berkeliling-keliling melihat pusat penyimpanan data IT Centre BP Batam.

Mustofa Widjaya menyatakan,  IT Centre BP Batam memang sudah menjadi  tempat penyimpanan data pemerintah.

Sudah banyak tenant-tenant yang bekerjasama dan mempercayakan IT Centre BP Batam sebagai tempat penyimpanan data.

"Kredibilitasnya sudah terukur dengan standar nasional dan internasional. Di sini yang sudah menyimpan data seperti Kemenhub, BPPT, Kominfo dan teknet. Penyimpanan data terbesar itu data dari Kemendagri, data e-KTP. Nomor duanya data Kemenhub," ujar Mustofa singkat.


Anda sedang membaca artikel tentang

Aman dari Bencana Alam, Bappenas Pilih Batam jadi Pusat Penyimpanan Data

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/05/aman-dari-bencana-alam-bappenas-pilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aman dari Bencana Alam, Bappenas Pilih Batam jadi Pusat Penyimpanan Data

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aman dari Bencana Alam, Bappenas Pilih Batam jadi Pusat Penyimpanan Data

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger