Ideabox Inkubator Startup Indosat Raih GTB Global Innovation Award

Written By Unknown on Rabu, 28 Mei 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Rio Bara

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Ideabox, akselerator startup kerjasama antara Indosat dan Mountain SEA Ventures, berhasil meraih penghargaan internasional untuk kategori Inovasi Layanan Konsumen 2014 dari Global Telecom Business di London, Mei 2014.

Chief Strategy & Planning Officer di Indosat, Prashant Gokarn mengatakan‎ dalam waktu kurang dari satu tahun, Ideabox telah menjadi salah satu inkubator startup terdepan di Indonesia.

"Kami mengembangkan kemitraan strategis dengan para pelaku internasional di bidang inovasi dan inkubasi bisnis untuk membawa keahlian dan kompetensi agar dapat lebih  mengembangkan perusahaan startup di Indonesia. Kami menerapkan proses seleksi yang ketat serta berfokus pada kualitas dan skala bisnis. Selain juga bantuan dana dan mentoring kelas dunia,"ujarnya dalam rilis yang diterima Tribun, Rabu, (28/5).

‎Ia menjelaskan Indosat  juga memberikan dukungan infrastruktur dan basis pelanggan yang besar yang memberikan kemudahan dalam hal pengembangan perusahaan startup yang tergabung di Ideabox.

Indosat bermitra dengan Mountain SEA Ventures yang merupakan bagian dari Mountain  Partner AG, sebuah perusahaan investasi global yang berkantor pusat di Swiss, dan telah berpengalaman dalam menangani lebih dari 200 investasi korporasi berskala internasional. Ideabox juga didukung oleh Founder Institute, salah satu teknologi accelerator terbesar di dunia. 

Ooredoo Group sebagai induk perusahaan juga memberikan dukungan penuh dan berkomitmen membantu perusahaan-perusahaan startup lokal untuk mengembangkan bisnisnya hingga skala global jika mereka sukses di Indonesia. Ideabox juga mendapat dukungan dan bimbingan mentor dari  beberapa perusahaan global seperti Microsoft, Intel, Qualcomm Development Network, Amazon Web Service, Yahoo Indonesia dan Cisco.

"Kami sangat gembira dan bersyukur telah mendapat pengakuan internasional untuk Ideabox. Menjadi misi Indosat untuk membangun ekosistem layanan digital yang kuat di Indonesia dan membantu para anak muda yang memiliki startup untuk mengembangkan bisnisnya baik dalam skala lokal maupun global."papar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat. 

Sementara itu Andi Zain, Managing Partner Mountain SEA Ventures, mengatakan Kolaborasi dengan pemangku kepentingan di industri adalah sangat krusial untuk kesuksesan sebuah startup, terlebih karena indutri teknologi Indonesia sedang berada dalam tahap perkembangan yang pesat. Banyak sekali pemilik perusahaan startup yang masih muda dan berbakat di Indonesia serta mempunyai potensi pasar yang luas. 

"Sebuah akselerator yang bagus dan program inkubasi bisnis yang baik harus dapat menjembatani bakat-bakat muda ini dengan mentor yang berkompeten, kurikulum yang efektif, dan jaringan bisnis yang luas sebagai pintu masuk ke dunia industri. Melalui kemitraan dengan Indosat, hal ini dapat terwujud, tidak hanya karena investasi dana tetapi juga akses ke basis pelanggan yang luas,"jelasnya.

Dalam batch pertama-nya, Ideabox menyeleksi 4 startups dari 100 proposal bisnis yang masuk. Keempat startups ini mengikuti program inkubasi selama 4 bulan dengan fasilitas-fasilitas khusus yang mendukung. Keempat Startups tersebut diantaranya Dealoka, sebuah aplikasi mobile kupon diskon yang inovatif, Ngomik, platform komik digital, Shoop! sebuah sosial e-commerce platform dan Unyu, layanan komunikasi berbasis stiker untuk ponsel baik featurephone dan smartphone.

Keempat Startups tersebut telah berhasil menyelesaikan program inkubasi, bahkan salah satu startup saat ini sudah dalam tahap pembicaraan lebih lanjut dengan investor asing. Dan keempat startup tersebut juga telah bekerja sama dengan Unit Kerja Layanan Digital Indosat untuk melakukan bundling dengan layanan Indosat.

Brian Arfi, CEO & Founder Shoop! Mengatakan Ideabox adalah salah satu inkubator terbaik di Indonesia dan merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi tim kami  terpilih mengikuti program Ideabox. 

"Kami menyadari bahwa untuk menjadi sebuah startup yang sukses, tidak hanya membutuhkan investasi berupa uang dan produk yang baik, tetapi juga kemitraan yang kuat untuk membantu baik secara komersial dan pengembangan skala bisnis. Di Ideabox, kami tidak hanya belajar bagaimana membangun startup kelas dunia, tetapi juga diajarkan untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan investor serta mitra komersial dengan tepat. Kami juga memiliki akses ke mentor, baik mentor lokal maupun internasional,"paparnya.

Ideabox akan menggelar Investor Day yang pertama di bulan Juni mendatang. Sedangkan program Ideabox selanjutnya akan diadakan pada bulan September 2014 dan pada periode ini Ideabox akan membuka kesempatan bagi perusahaan startup internasional untuk mengikuti program inkubasi di Indonesia. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Ideabox Inkubator Startup Indosat Raih GTB Global Innovation Award

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/05/ideabox-inkubator-startup-indosat-raih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ideabox Inkubator Startup Indosat Raih GTB Global Innovation Award

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ideabox Inkubator Startup Indosat Raih GTB Global Innovation Award

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger