Ramadan, Pesepak Bola Muslim tetap Puasa Selama Piala Dunia

Written By Unknown on Kamis, 12 Juni 2014 | 12.41

TRIBUNNEWSBATAM.COM - Langkah berat harus dijalani setiap pemain bersama timnya dalam upaya menjadi yang terbaik pada Piala Dunia 2014. Perjuangan lebih berat pun harus dihadapi para pesepak bola muslim. Pasalnya, di tengah perjalanan Piala Dunia 2014, mereka harus menyambut bulan suci Ramadan.

Pada bulan Ramadan, setiap umat muslim diwajibkan menjalani ibadah puasa sejak pagi hingga malam. Awal Ramadan, 28 Juni, bertepatan dengan hari pertama babak knock-out Piala Dunia 2014. Ini pun akan menjadi kali pertama sejak 1986, di mana Ramadanberbarengan dengan gelaran Piala Dunia.

Bagi beberapa pesepak bola muslim, kehadiran Ramadan saat gelaran Piala Dunia jelas akan menjadi ujian yang tak mudah Di tengah kesibukan jadwal di Brasil, mereka dituntut tidak makan dan minum sejak terbit fajar sampai terbenam matahari, termasuk pada jam-jam pertandingan. Kabar bagusnya, di Brasil, hanya dibutuhkan sekitar 11 jam berpuasa. Jauh lebih sebentar ketimbang di Inggris, di mana butuh 17 jam bagi para pesepak bola untuk menjalani puasa.

Pada Piala Dunia 2014, tak sedikit pemain yang memiliki kewajiban berpuasa. Sebut saja Karim Benzema, Mamadou Sakho, Bacary Sagna, dan Moussa Sissoko di skuat Prancis. Ada juga Yaya Toure, Kolo Toure, Gervinho, dan Cheick Tiote di Pantai Gading.

Di skuat Belgia juga ada Marouane Fellaini serta Moussa Dembele yang beragama Islam. Pun Mesut Ozil di Jerman serta Xherdan Shaqiri di Swiss. Bahkan, di skuat Bosnia-Herzegovina, mayoritas dihuni pemain muslim, termasuk Edin Dzeko.

Terkait kewajiban berpuasa di tengah jadwal padat sepak bola, Kolo Toure sempat memberikan kiat-kiat agar tetap bisa menjaga stamina. Menurut dia, kesulitan hanya akan dihadapi pada lima hari pertama berpuasa.

"Anda tentu butuh kedislipinan. Bagiku, lima hari pertama adalah yang tersulit. Namun setelahnya, tubuh mulai beradaptasi dan Anda bisa merasa bahagia. Anda bisa membersihkan tubuh juga dan merasa semakin kuat setelah Ramadan. Aku rasa sangat luar biasa bagaimana Ramadan bisa membuat tubuh Anda semakin kuat," kata Toure.

Toure menambahkan, 'Aku mengobservasi Ramadan selama bertahun-tahun di sepak bola. Sangat penting Anda makan teratur. Penting Anda makan menu yang tepat karena akan berpengaruh terhadap asupan ke tubuh. Karena itu juga Anda harus banyak minum. Anda juga harus memerhatikan apa yang dilakukan, karena tubuh kehilangan sesuatu,' tandasnya.

Dari penjelasan Toure, disebut bahwa berpuasa saat Ramadan tak mutlak melemahkan kondisi fisik pemain. Namun, patut dinanti seberapa kuat mereka dalam menghadpapi puasa Ramadan di tengah cuaca panas Brasil dan jadwal padat Piala Dunia 2014. (irawan)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ramadan, Pesepak Bola Muslim tetap Puasa Selama Piala Dunia

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/06/ramadan-pesepak-bola-muslim-tetap-puasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ramadan, Pesepak Bola Muslim tetap Puasa Selama Piala Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ramadan, Pesepak Bola Muslim tetap Puasa Selama Piala Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger