Nuzulul Quran: Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

Written By Unknown on Rabu, 16 Juli 2014 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Thomlimah Limahekin

TANJUNGPINANG, TRIBUN - Malam Nuzulul Quran 1434 Hijriah dirayakan dengan penuh khidmat di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Senin (14/7/2014) malam.

Nuansa religius perayaan ini hadir secara lengkap dengan ceramah yang dibawakan oleh dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Ustaz Saidul Amin.

Dalam ceramahnya yang bertemakan 'Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup', Saidul mengajak seluruh jemaah untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Riau yang Qurani. Ajakan itu tertuju pada usaha untuk mendekatkan diri dengan Alquran.

"Hendaknya Alquran itu kita jadikan pedoman hidup. Jadikan rujukan atau acuan di dalam hidup yang serba sesuai dengan perkembangan zaman kita. Dari sanalah kita akan memperoleh jawaban yang jelas dan lurus tidak boleh ditawar-tawar lagi dalam rangka mendambakan hidup bahagia di dunia dan di akhirat," ajak Saidul dalam cermahnya.

Dia menjelaskan, bulan Ramadan merupakan yang di dalamnya terlimpah berjuta nikmat. Salah satunya karena Alquran pertama kali diturunkan pada bulan ini dan pada bulan ini pula turunnya anugerah "Lailatul Qadar".

"Berangkat dari itu, maka kita di dalam memperingati hari Nuzulul Quran atau turunnya Alquran yang paling penting hikmah yang kita ambil adalah kita dalam mengarungi hidup di dunia ini hendaknya disesuaikan dengan aturan-aturan Alquran," tegas Saidul.

Acara yang dimulai pada pukul 17.00 WIB ini diawali dengan tabligh akbar menjelang berbuka. Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan buka bersama dan salat Maghrib berjemaah.

Gubernur Provinsi Kepri, H. Muhammad Sani hadir juga bersama istri, Hj. Aisyah Sani. Selain Sani, ada juga Kapolda Kepri Brigjen Pol. Endjang Sudrajat, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Agus Heryana, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Bujang Juhirman serta seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Adapun undangan yang hadir meliputi para pimpinan FKPD, jemaah majelis taklim, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan santri dari sejumlah pesantren dari Tanjungpinang dan Bintan.

Dalam kesempatan itu, Sani juga memberikan santunan kepada ratusan anak yatim dari berbagai panti asuhan yang diundang pada kesempatan tersebut serta bantuan kepada sejumlah masjid dan musala.

Selain menyerahkan sumbangan, Sani juga memberikan wejangan kepada seluruh jemaah yang hadir. Dia mengatakan Nuzulul Quran atau turunnya Alquran yang merupakan kumpulan firman-firman Allah sekaligus merupakan peraturan-peraturan atau garis-garis besar haluannya Islam dalam rangka mencari rida Allah adalah jatuh setiap tanggal 17 Ramadan.

"Alquran itu diturunkan kepada Nabi Muhammad, tiada lain hanyalah untuk menjadi pedoman hidup di dunia ini untuk menuju hidup yang lebih langgeng di akhirat kelak, sekaligus menjadi petunjuk dan pembeda antara yang salah dan yang benar," kata Sani dalam wejangannya itu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Nuzulul Quran: Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/07/nuzulul-quran-jadikan-alquran-sebagai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nuzulul Quran: Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nuzulul Quran: Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Hidup

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger