Kecelakaan Kerja Marak di Batam, FSPMI Demo Walikota Batam

Written By Unknown on Jumat, 12 September 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Wali Kota Batam, Jumat (12/9) pagi.

Maraknya kecelakaan kerja yang belakangan ini menimpa buruh di Batam membuat ribuan buruh meminta ketegasan pemerintah dalam menyikapi hal tersebut.

Menurut para buruh, lemahnya pengawasan dan tidak adanya ketegasan pemerintah dalam menyikapi kecelakaan kerja ibarat satu kesengajaan.

"Pemerintah seperti tutup mata dan nggak mau tahu soal kecelakaan kerja yang dialami teman buruh. Hal ini tidak bisa dibiarkan," ujar Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kota Batam, Suprapto saat berorasi.

Menurut Suprapto, kecelakaan kerja yang masih terjadi di perusahaan-perusahaan khususnya di perusahaan galangan kapal di Tanjung Uncang, membuat buruh FSPMI Batam gerah. Buruh menyatakan kecelakaan kerja yang berulang itu menjadi salah satu bukti fungsi pengawasan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam tidak maksimal.

Parahnya lagi, tak sedikit dari peristiwa kecelakaan kerja itu membuat korban jiwa. Seperti yang baru-baru ini terjadi di PT Bandar Abadi Shipyard, yang menewaskan tiga orang pekerja dan belasan luka-luka.

"Kecelakaan kerja berulang-ulang terjadi karena tidak ada tindak tegas dari Disnaker Batam. Nyawa buruh yang melayang, perusahaan semakin lalai," kata Suprapto tegas.

Sambil membawa atribut bendera dan spanduk berisi tuntutan, ribuan buruh yang dibatasi oleh gerbang kantor Wali Kota meminta Wali Kota atau Wakil Wali Kota Batam menemui mereka. Dalam aksi tersebut setidaknya ada tiga hal yang menjadi tuntutan pekerja, yakni pertama menegakkan UU nomor 1 tahun 1970 tentang K3, tindak tegas perusahaan yang melanggar UU K3 dan pemerintah harus melakukan sidak terkait kelengkapan dan perlengkapan K3.

Usai berorasi selama satu jam, akhirnya Staf Ahli Wali Kota biddang politik, hukum, dan pemerintah, Yazid menemui para pekerja. Beberapa orang perwakilan pekerja pun diminta ke dalam untuk mediasi bersama di lantai dua Gedung Wali Kota Batam.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kecelakaan Kerja Marak di Batam, FSPMI Demo Walikota Batam

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/09/kecelakaan-kerja-marak-di-batam-fspmi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kecelakaan Kerja Marak di Batam, FSPMI Demo Walikota Batam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kecelakaan Kerja Marak di Batam, FSPMI Demo Walikota Batam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger