Buku Subsidi Milik Negara Diperjualbelikan di Kabupaten Karimun

Written By Unknown on Minggu, 12 Oktober 2014 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Rachta Yahya

KARIMUN, TRIBUN - Memprihatinkan! Buku bacaan pelajaran murid Sekolah Dasar (SD) bersubsidi gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diperdagangkan di sejumlah toko buku di Karimun Kepri.

Satu buku yang ditemukan yakni buku kelas IV SD/MI berjudul "Indahnya Kebersamaan", sebuah buku tematik terpadu kurikulum 2013.

Buku setebal 206 halaman dengan kode ISBN 978-602-1530-98-6 itu dijual seharga Rp20.000,00.

Untuk mengelabui pembeli, tulisan "Milik Negara Tidak Diperdagangkan" ditutup dengan stiker label harga. Meski begitu, pelaku tampaknya lupa menutup tulisan serupa yang ada di dalam buku pada halaman tiga. Tulisan Milik Negara Tidak Diperdagangkan begitu jelas terlihat.

"Buku ini saya temukan awalnya dari cerita anak saya yang mengatakan kawan-kawannya bisa beli buku di toko. Dari situ saya curiga, kok buku sekolah diperdagangkan, setelah saya cek ternyata benar. Untuk bukti, bukunya saya beli satu seharga Rp20.000,00," kata Hr, orangtua murid SD di Karimun, Jumat (10/10/2014).

Hr minta Dinas Pendidikan dan aparat penegak hukum untuk segera turun tangan mengusut temuan tersebut.

Ia khawatir praktek tersebut merugikan negara yang seharusnya gratis, malah di perjual-belikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan pribadi dan golongan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun, Bakri Hasyim mengatakan persoalan buku subsidi dari Kemendikbud untuk Kabupaten Karimun tidak ada permasalahan, semua dapat terpenuhi dengan baik.

Terkait kemunculan buku-buku milik negara di toko-toko buku tersebut, Bakri tidak tahu. Meski begitu, ia berjanji akan menurunkan stafnya untuk turun mengecek.

"Buku kami tidak ada masalah, semua dapat terpenuhi dengan baik, cuma buku pelajaran agama yang saat ini masih kami tunggu kedatangannya, selain itu semuanya dapat terpenuhi," ujar Bakri Hasyim.

Rencana turun mengecek juga disampaikan Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun, Hasbi Kurniawan.

Sebagai pihak yang ditugaskan mengawasi keuangan negara, Hasbi mengatakan akan mencoba mengusut kenapa buku milik negara dan tidak diperdagangkan itu bisa masuk ke toko-toko buku di Karimun.

"Terima kasih informasinya, segera kami cek ke lapangan," kata Hasbi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Buku Subsidi Milik Negara Diperjualbelikan di Kabupaten Karimun

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/10/buku-subsidi-milik-negara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buku Subsidi Milik Negara Diperjualbelikan di Kabupaten Karimun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buku Subsidi Milik Negara Diperjualbelikan di Kabupaten Karimun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger