Mau Tahu Kawah Puncak Merapi, Lihat Foto Hasil Jepretan Drone Ini

Written By Unknown on Sabtu, 18 Oktober 2014 | 12.41

TRIBUNNEWSBATAM.COMYOGYA - Pusat Studi Bencana UGM bekerjasama dengan Pusat Teknologi Penerbangan ( Pustekbang) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Group Riset Satelit Kedirgantaraan UGM melakukan pengamatan dan pemotretan gunung Merapi dengan menggunakan pesawat tanpa awak atau sering disebut drone.

Dari pemotretan tersebut terlihat di sisi selatan dan tenggara gunung Merapi masih banyak deposit material yang dihasilkan dari letusan 2010. Menjelangi musim hujan, deposit tersebut menjadi potensi bencana berupa banjir lahar dingin.

Dikatakan kepala Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM Djati Mardiatno, selain sisi selatan dan tenggara, di sisi barat juga terdapat deposit meterial dalam kondisi rapuh. Jika terjadi getaran kecil, ataupun diguyur hujan dalam intensitas tinggi, maka material tersebut akan gugur dan menimbulkan lahar dingin.

"Karena pada letusan 2010 yang lalu arah letusan menuju selatan dan tenggara, maka menghasilkan deposit material yang sifatnya berat. Dan pada musim hujan tahun yang lalu belum bisa terbawa aliran hujan. Maka masih banyak meterial yang tersisa di dua sisi tersebut dan bisa kita lihat melalui foto hasil pemotretan pesawat tanpa awak," ungkap Djati di Kantor PSBA UGM, Jum'at (17/10/2014)

Saat material tersebut dalam kondisi rapuh dan sangat kering, jika kemudian terkena air hujan material tersebut akan gampang runtuh dan menghasilkan banjir lahan dingin. Untuk aliran lahar dingin yang menuju arah selatan akan melalui kali Gendol, arah tenggara akan melalui kali woro dan arah barat akan menuju kali Krasak, Kali Putih, dan Kali Pabelan.

Selain di puncak Merapi, pemotretan juga dilakukan di sepanjang kali Gendol sejauh 18 kilometer. Pemotretan tersebut sekaligus untuk memetakan elemen yang berisiko terdampak luncuran lahar dingin. "Dengan adanya pesawat tanpa awak ini, akan sangat membantu semua pihak dalam melakukan mitigasi bencana," ungkap Djati. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Mau Tahu Kawah Puncak Merapi, Lihat Foto Hasil Jepretan Drone Ini

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/10/mau-tahu-kawah-puncak-merapi-lihat-foto.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mau Tahu Kawah Puncak Merapi, Lihat Foto Hasil Jepretan Drone Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mau Tahu Kawah Puncak Merapi, Lihat Foto Hasil Jepretan Drone Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger