Dua Kapal Asing Tertangkap Lagi di Natuna

Written By Unknown on Sabtu, 28 Maret 2015 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam M. Ikhsan

TRIBUNNEWSBATAM.COM, NATUNA - Kendati pemerintah Indonesia mengeluarkan ancaman berat bagi kapal asing yang mengambil ikan di perairan Indonesia, namun sejumlah nelayan asing masih ada yang nekat masuk ke wilayah Indonesia.

Terakhir, dua kapal nelayan asing asal Vietnam kembali diamankan oleh KRI Sutedi Senoputera 378 yang sedang melakukan patroli rutin di perairan Natuna. Kedua kapal asing ini tidak memiliki dokumen dan menangkap ikan dengan jaring pair trawl yang dilarang pemerintah.

Kepala Staf Operasional Lanal Ranai, Mayor Laut (P) Eko Agus mengatakan, kapal tersebut adalah KM BV 90357 TS (80 GT) yang dinahkodai Vinh. Kapal berawak tujuh orang ini memiliki ciri-ciri anjungan hijau, lambung biru. Di dalam kapal ditemukan muatan ikan sekitar 500 kilogram.

Kapal lainnya yang ditangkap adalah KM BV 0437 TS (70 GT) dengan nahkoda Quang. Kapal ini juga memiliki anjungan hijau dan lambung biru. Namun, di kapal yang diawaki tiga orrang ini tidak ditemukan ikan.Diduga mereka belum melakukan aktivitas.

"Lokasi penangkapan di Barat Laut Pulau Laut, sekitar 40-45 mil masuk batas ZEE, 05' 51,96 U dan 106'. 32,20 T," sebut Agus, saat dijumpai di Makolanal Ranai, Jumat (27/3) malam.

Menariknya, dari penangkapan kapal asing ini, Lanal menemukan beberapa ABK yang sebelumnya pernah ditangkap dan sudah dipulangkan, malah kembali lagi untuk menangkap ikan.
ABK bernama Tanh adalah salah satunya. Ia pernah ditangkap dan dipulangkan ke negaranya. Bahkan tekongnya yang tertangkap, beberapa waktu lalu, saat ini masih berada di Ranai menjalani proses peradilan.

Kedua kapal ini sudah diamankan di Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga. Dua kapal ini ditambatkan bersama beberapa ikan asing lainnya yang ditangkap sebelumnya. Sementara para ABK Vietnam ini dibawa ke Lanal Ranai untuk proses pemeriksaan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Kapal Asing Tertangkap Lagi di Natuna

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2015/03/dua-kapal-asing-tertangkap-lagi-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Kapal Asing Tertangkap Lagi di Natuna

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Kapal Asing Tertangkap Lagi di Natuna

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger