Cukup Rp 1.000, Bisa FB-an di Mobil Internet Keliling

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Kamis, 25 Oktober 2012 12:10 WIB

TRIBUNNEWSBATAM, BANDUNG - ENAM unit laptop hitam itu diletakkan rapi di bagian belakang mobil. Semua lipatan laptop terbuka sejajar dan siap digunakan. Bagian belakang kanan dan kiri mobil pun dibuka.

Sebelah kanan untuk menggunakan enam unit laptop yang sejajar tadi dan sebelah kiri digunakan operator untuk pengawasan.

Tidak hanya berisikan laptop, belakang mobil bernomor polisi B 9198 KG ini juga membawa satu unit komputer, satu printer, satu televisi, satu DVD player, speaker aktif, dan satelit. Semua bisa digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat, khususnya di daerah yang tidak ada jaringan internetnya.

Setiap hari, mobil ini akan berkeliling ke sudut-sudut terpencil di Kabupaten Bandung. Mobil ini akan standby selama minimal delapan jam per hari, untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin belajar internet. Hal ini sudah dilakukan sejak awal tahun ini.

Namun, untuk memanfaatkan layanan mobil biru ini tidak gratis. Masyarakat akan diminta Rp 1.000 mengakses internet selama satu jam. Dengan biaya itu, mereka bebas menjelajahi dunia maya, terutama di situs-situs lokal.

"Ada beberapa situs yang sengaja diblok karena tidak mendidik dan berpengaruh negatif. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir kalau anaknya menjelajah dunia maya di mobil ini," kata Operator Mobil, Yadi Wadia, di Hotel Antik, Soreang, Rabu (24/10) siang.

Pria berusia 23 tahun ini mengatakan, setiap hari dia menjadwal setiap kecamatan, dan per RT. Biasanya mobil ini mulai berada di lokasi pada pukul 09.00 sampai delapan jam setelahnya. Namun kalau sedang ramai, mobil ini bisa lebih dari jam yang ditentukan.

"Alhamdulillah, antusiasme masyarakat untuk menggunakan internet memang banyak. Para petani bisa mencari ilmu tenang bercocok tanam. Ini khusus di permukiman penduduk. Tapi banyak juga yang buka sosial media seperti Facebook," kata pria asal Arjasari ini sembari tersenyum.

Kepala Badan Arsip Perpustakaan dan Pengembangan Sistem Informasi Kabupaten Bandung, Diar Irwana, mengatakan, ada tiga unit mobil dari Kementerian Komunikasi dan Informasi yang dioperasionalkan di Kabupaten Bandung sejak awal tahun ini. Belum ditentukan, berapa lama mobil tersebut dioperasikan.

"Orientasi kami pengembangan hotspot, untuk mensinergikan perpustakaan dan informasi. Ini untuk masyarakat, yang memang belum mendapat sambungan internet. Ada empat kecamatan, yaitu Rancabali, Kertasari, Pacet, dan Pasir Jambu," ujarnya.

Pihaknya juga akan memberikan hotspot gratis di lima titik di Kabupaten Bandung, yaitu di Soreang, Margaasih, dan tiga di kawasan Bandung Timur, yang kurang tersambung dengan internet. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketimpangan informasi dan mengembangkan minat baca kepada masyarakat.

Bupati Bandung, Dadang Naser, mengatakan, adanya mobil keliling pelayanan internet ini bisa melakukan pemerataan masyarakat yang menggunakan internet. Selama ini internet hanya ada di daerah perkotaan.

"Kami ingin Kabupaten Bandung menjadi kabupaten digital. Makanya harus kerja sama dengan Telkom atau perusahaan lainnya. Jadi sistem online dan computerizing di desa-desa. Tahun ini disiapkan Rp 4 miliar untuk belanja perangkat lunak dan keras," ujarnya.

Anggaran tersebut diberikan kepada setiap desa sebesar Rp 7 juta, agar koneksi internet antardesa bisa diwujudkan. Tahun depan, infrastruktur sambungan internet akan disempurnakan, untuk menuju kabupaten digital.

"Yang penting masyarakat jangan gagap teknologi. Kalau saya tidak apa-apa. Ini perangkat sudah tersedia. Tapi tinggal inovasi dan sumber daya manusianya. Juga harus dilakukan sosialisasi terus-menerus. Nah, pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia juga penting," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Cukup Rp 1.000, Bisa FB-an di Mobil Internet Keliling

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/cukup-rp-1000-bisa-fb-di-mobil-internet.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cukup Rp 1.000, Bisa FB-an di Mobil Internet Keliling

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cukup Rp 1.000, Bisa FB-an di Mobil Internet Keliling

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger