Limbah B3 Karbit Menggunung Sejak 8 Tahun

Written By Unknown on Sabtu, 20 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Sabtu, 20 Oktober 2012 00:25 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Tyan M Rahman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM-  Limbah bahan berbahaya beracun (B3) jenis karbit tampak menggunung di Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI) Kabil, Nongsa, Jumat (19/10). Menurut informasi, limbah karbit tersebut sudah 8 tahun tak pernah dipindah. Diduga limbah itu milik PT Desa Air Cargo, perusahaan pengeloh limbah di kawasan itu.

Kurniawan, Owner PT Desa Air Cargo KPLI, Kabil Kecamatan Nongsa membenarkan, limbah itu tanggungjawab mereka. Namun ia menjamin penumpukan limbah itu tidak berbahaya.  "Limbah tersebut tidak berbahaya, dikarenakan telah kita beri alas di bawahnya dengan plastik yang kedap air sebelumnya. Dan rencananya, kami akan menjual limbah ini sebagai bahan baku semen," ujarnya.

Hal berbeda disampaikan Direktur PT Desa Air Cargo, Samsul Hidayat. Samsul membantah bila limbah tersebut adalah milik perusahaannya. Menurutnya, limbah karbit tersebut sudah cukup lama berada di lokasi tersebut.

"Itu bukan milik kami, melainkan milik orang lain. Dan itu juga bukan tanggung jawab PT Desa Air Cargo," ujarnya. Samsul menambahkan bahwa perusahaannya tidak hanya menampung limbah. Namun, ia juga mengelola kembali limbah-limbah yang ada. 

"Satu hal yang perlu diluruskan di sini, perusahaan kami bukan penghasil limbah, tetapi kita memproduksi kembali (reproduce) limbah yang sudah ada. Jadi kita tidak sama dengan penampung atau pengumpul limbah," tepis Samsul.

Samsul menuturkan PT Desa Air Cargo melakukan pengolahan limbah yang berasal dari perusahaan-perusahaan yang masih berada dalam grup Jaya, yang terdiri dari PT Desa Air Batam, PT Desa Air Cargo Batam, PT Jamewin Trading, PT Gamter Jaya cabang Batam, PT Grenindo Tritama serta PT Hakki Green.

Kepala Bapedalda Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan limbah karbit memiliki dampak yang berbahaya bagi lingkungan. "Limbah tersebut tergolong limbah B3 dan berbahaya bagi lingkungan," jelasnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Limbah B3 Karbit Menggunung Sejak 8 Tahun

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/limbah-b3-karbit-menggunung-sejak-8.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Limbah B3 Karbit Menggunung Sejak 8 Tahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Limbah B3 Karbit Menggunung Sejak 8 Tahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger