Sulistyana Temukan Plat Beton Ringan

Written By Unknown on Kamis, 11 Oktober 2012 | 12.41

Tribun Batam - Rabu, 10 Oktober 2012 23:44 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Purwoko

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM-  Bersamaan dengan acara pembukaan acara Pameran Teknologi Tepat Guna Nasional XIV (TTG) di Batam, Kementerian Hukum dan HAM akan menyerahkan sertifikat hak paten kepada Sulistyana. Dia sukses menemukan karya inovasi bidang konstruksi yakni plat beton ringan "Flyslab" yang lebih ringan 50 persen dibanding beton lainnya.

Rencananya, penyerahan sertifikat itu dilaksanakan langsung oleh Menkum HAM, Amir Syamsudin di Harbourbay Batam, Kamis (11/10) pagi ini. 

Plat beton ringan yang diberi merek Flyslab ini merupakan inovasi atas plat beton konvensional selama ini. Flyslab merupakan hasil reka-konstruksi (reduksi) sehingga didapat massa yang lebih ringan sampai 50 persen, dengan kapasitas dan mutu yang tetap. Penggunaan Flyslab pada bangunan bertingkat sangat menguntungkan baik dari struktur bangunan maupun manajemennya. Misalnya lebih irit biaya, lebih cepat, lebih aplikatif, lebih terprediksi anggarannya, lebih ramah lingkungan, dan lebih ramah terhadap gaya-gaya gempa. Plat beton ringan ini, sebelumnya telah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pekerjaan Umum Badan Pembina Konstruksi pada Lomba Karya Konstruksi Indonesia tahun 2011. 

Ir Sulistyana MT yang juga Carik Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) Batam itu kepada Tribun mengungkapkan, semenjak diproduksi setahun lalu, Flyslab telah banyak diaplikasikan dalam berbagai jenis bangunanan di Batam, mulai rumah sederhana, ruko, real estate, hotel, maupun perkantoran.

Produk ini juga sudah banyak dipesan hingga wilayah Kalimantan, Jawa, maupun Sumatera di luar Kepulauan Riau. Sulistyana menambahkan, untuk lebih memopulerkan karyanya itu, dirinya telah menyelenggarakan workshop di berbagai kota di Indonesia, di mana acara tersebut mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat maupun pejabat setempat.

"Di Jawa, Flyslab mendapat sambutan luar biasa karena pada umumnya masyarakat kian menghargai waktu. Mereka ingin membangun lebih cepat dan simple. Apalagi dari segi biaya lebih murah. Sementara di Kalimantan, kehadiran plat beton ringan juga menjadi solusi tepat karena struktur tanah yang sebagian besar rawa-rawa," kata Sulistyana lagi. Untuk wilayah Sumatera, kehadiran plat beton ringan ini juga sangat tepat sebab lebih ramah terhadap gaya-gaya gempa. Wilayah Sumatera sendiri selama ini termasuk dalam wilayah jalur rawan gempa. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sulistyana Temukan Plat Beton Ringan

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/10/sulistyana-temukan-plat-beton-ringan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sulistyana Temukan Plat Beton Ringan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sulistyana Temukan Plat Beton Ringan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger