Bukopin Serius Garap Kredit UKM

Written By Unknown on Selasa, 20 November 2012 | 12.41

Tribun Batam - Selasa, 20 November 2012 11:08 WIB

TRIBUNNEWSBATAM, BANDUNG - PT Bank Bukopin wilayah Bandung, sukses menaikkan likuiditas kreditnya 100 persen lebih. Selama 10 bulan pertama tahun ini.

Menurut Kepala Cabang Bank Bukopin Wilayah Bandung, Afrizal Naim, selama Januari-Oktober 2012, pihaknya menyalurkan kredit senilai Rp 700 miliar.

"Angka itu jauh melebihi realisasi penyaluran kredit pada periode Januari-Oktober tahun lalu. Pada periode yang sama tahun lalu, nilai kredit yang kami kucurkan sekitar Rp 300 miliar," kata Afrizal di sela-sela pembukaan outlet PT Bank Bukopin Cabang Buah Batu, Jalan Buahbatu Bandung, Senin (19/11/2012).

Tingginya nilai kredit yang disalurkan itu,  kata Afrizal, karena pihaknya turut menyalurkan pembiayaan dalam sejumlah proyek pembangunan hotel, factory outlet, rumah makan, dan kafe, di Bandung. Bukopin juga menjadikan perdagangan sebagai pangsa pasar.

PT Bank Bukopin juga serius menggarap kredit untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Saat ini nilai pinjaman sektor UKM mencapai Rp 25 miliar. Sektor tersebut merebut 70 persen total kredit.

"Lalu, yaitu sekitar 20 persen diserap pelaku usaha mikro. Lainnya, sekitar 10 persen, berupa kredit konsumer," ujar Afrizal.

Kendati menorehkan pertumbuhan kredit yang positif, Afrizal menegaskan, lembaga perbankan ini tetap berupaya untuk terus menekan non-performing loans (NPL) alias kredit macet. Saat ini angka NPL Bukopin 1,94 persen. "Ini positif karena tidak melebihi 2 persen," ujarnya.

Bahkan, tahun depan Bukopin bertekad menurunkan rasio NPL menjadi 1,2 persen. "Pendapatan meningkat jika NPL dapat kami tekan," kata Afrizal.

Untuk itu, seru Bukopin menyiapkan sejumlah kiat. Antara lain, resturturisasi kredit macet bagi para debitur yang berkeinginan membayar atau melunasi kreditnya.

Di tempat yang sama, Manager Bukopin Wilayah Jabar, Ahmad Rustandi, menambahkan, besarnya nilai kredit yang diterima sektor UKM melalui swamitra mencapai Rp 100 miliar. Saat ini ada 17 unit outlet swamitra di Bandung, dan tahun depan akan ditambah jumlah outletnya.

"Rencananya, pembangunannya sekitar 30 unit outlet. Jika itu terealisasi, di Bandung, kami memiliki 47 outlet Swamitra," katanya.(Tribunnews)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bukopin Serius Garap Kredit UKM

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/11/bukopin-serius-garap-kredit-ukm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bukopin Serius Garap Kredit UKM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bukopin Serius Garap Kredit UKM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger