Instruktur Line Dance akan Disertifikasi

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 12.41

Tribun Batam - Senin, 12 November 2012 00:56 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Purwoko

TRIBUNNEWSBATAM.COM- Para instruktur line dance mulai tahun depan akan disertifikasi. Hal itu menjadi kebutuhan mendesak guna menjawab era globalisasi yang menuntut profesionalisme dalam segala bidang pekerjaan.

Untuk mewujudkan hal itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  menggandeng de'liners dan B'GOLD Comunity Dance Batam menyelenggarakan workshop Penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi instruktur line Dance di Hotel 89 Batam, Sabtu (10/11). 

Puluhan anggota komunitas line dance di Batam ambil bagian dalam acara yang juga diisi dengan gathering tersebut. Acara sehari penuh itu dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri dan dihadiri pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Teguh Harisusanto.

Ditemui di sela-sela acara, Teguh mengungkapkan, saat ini line dance berkembang pesat di tanah air sebagai bagian dari life style komunitas-komunitas perkotaan. Hal itu merupakan tren positif yang bisa mendukung bidang keparisiwataan, termasuk di Batam.

"Kita punya banyak instruktur. Sayang jika nanti para instruktur dari luar negeri masuk. Untuk itu kita akan melakukan sertifikasi dengan standar-standar tertentu yang juga berlaku di negara- negara lain. Itu berarti juga memberikan pengakuan kepada para instruktur ketika berniat mengembangkan karirnya di luar negeri," kata Teguh.

Yusfa Hendri mengapresiasi upaya sertifikasi terhadap pekerja line dance--yang juga termasuk dalam seni pertunjukan tersebut. Batam kini tengah mengembangkan setidaknya 9 aspek kepariwisataan yang kesemuanya memerlukan profesionalisme tinggi. Hal itu dilakukan guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang pariwisata yang mencapai 25 persen dari total PAD Kota Batam tersebut.

"Kita masuk urutan ketiga nasional sebagai daerah tujuan wisatawan manca negara, setelah Bali dan Jakarta. Itu peluang Batam. Kita telah melakukan sertifikasi terhadap pekerja spa, front office, manajer hotel, dan lain-lain," ujarnya.

Asmaniar, pegiat dari GOLD Comunity dance di Batam menuturkan, line dance sendiri berasal dari sebuah tarian daerah di Amerika Latin. Namun kini terus berkembang dengan mengadopsi tarian-tarian daerah di seluruh dunia. Line dance berbeda dengan senam olahraga atau hiburan karena dianggap paling lengkap dari unsur-unsur gerakannya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Instruktur Line Dance akan Disertifikasi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/11/instruktur-line-dance-akan-disertifikasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Instruktur Line Dance akan Disertifikasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Instruktur Line Dance akan Disertifikasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger