Layanan Memuaskan Cepat, Tepat dan Akurat

Written By Unknown on Kamis, 22 November 2012 | 12.41

Tribun Batam - Kamis, 22 November 2012 11:54 WIB

"Repot kalau pakai yang lain. Pernah barang udah nyampe tapi lebih seminggu tak diantar ke alamat tujuan. Kostumer tuh kalau sudah kirim duit, setiap satu jam dia akan tanya barangnya udah sampai di mana. Kalau dengan JNE kita bisa kirim nomor resinya ke dia, biar dia cek sendiri kalau nggak percaya"

LESTARI


Laporan Tibunnews Batam, El Tjandring
TRIBUNNEWSBATAM, BATAM - LESTARI punya kesibukan baru beberapa bulan terakhir. Selain repot dengan tugasnya sebagai karyawan pada sebuah perusahaan swasta, dia kini tengah giat berbisnis.

Setiap kali selesai dari aktivitas kantor sekitar pukul 16.00 sore, wanita yang akrab disapa Tari ini terkadang tidak langsung pulang menuju kediamannya di perumahan Kurnia Djaya Agung (KDA) Batam Centre. Ada pesanan yang harus diambilnya dari beberapa toko aksesories wanita untuk dikirim kepada pelanggannya.

Tari adalah salah satu dari sekian banyak pengguna blackberry yang memanfaatkan perangkat telekomunikasi smartphone tersebut sebagai sarana berbisnis. Dia menawarkan berbagai produk fashion seperti tas wanita branded non original, jam tangan, dan berbagai aksesories wanita lainnya yang distributornya cukup menjamur di Batam, Kepulauan Riau.

Wanita berambut lurus ini memiliki pasar yang tersebar di beberapa daerah di pulau Jawa dan Bali. Mayoritas dari mereka (pelanggan) adalah teman sekolah atau teman kuliahnya.

Dia mulai membangun grup jaringan bisnis melalui blackberry massanger (BBM) ini ketika dia pulang ke kampung halamannya di Salatiga, Jawa Tengah pada lebaran tahun lalu.

Tari mengaku nyaman menggeluti bisnis ini setelah menjalaninya beberapa bulan. Terlebih dia tidak perlu punya barang yang ready stock atau harus menyewa toko untuk memulai bisnis ini, tapi cukup hanya dengan bergabung dalam grup BBM dari masing-masing toko aksesories bisnis ini sudah bisa dijalankan.

Admin grup (pemilik toko) akan selalu mengupdate gambar (model barang) ke folder Picture BBM grup begitu ada barang baru. Gambar-gambar itu yang nantinya akan diteruskan ke grup yang dibuatnya sendiri untuk ditawarkan kepada pelanggannya.

"Lumayan lah buat nambah-nambah. Kalau lagi sepi dalam seminggu bisa jual dua pieces, tapi biasanya lebih," ujarnya memberi sedikit gambaran tentang penghasilannya.

Untuk urusan mengirim barang, wanita yang bekerja pada perusahaan asal Singapura ini tidak pernah khawatir. Di dekat rumahnya ada perwakilan jasa pengiriman JNE Batam yakni di ruko KDA Junction Batam Centre blok B nomor 10.

Tari selalu memilih menggunakan jasa JNE karena dia akan bisa mengontrol posisi barang yang dikirimnya sudah sampai di mana. Dia hanya perlu mengecek di website JNE http://jne.co.id/ dengan memasukan nomor resi pengiriman. Sebab berbisnis dengan lebih mengandalkan kepercayaan ini biasanya kostumer akan terus menanyakan keberadaan barang begitu uang mereka transfer.

"Repot kalau pakai yang lain. Pernah barang udah nyampe tapi lebih seminggu tak diantar ke alamat tujuan. Kostumer tuh kalau sudah kirim duit, setiap satu jam dia akan tanya barangnya udah sampai di mana. Kalau dengan JNE kita bisa kirim nomor resinya ke dia, biar dia cek sendiri kalau nggak percaya," kisahnya.

Di Batam ada ratusan orang yang punya bisnis sampingan sama seperti Tari. Sebagian besar dari mereka mengaku menikmati berbisnis yang dilakukan dengan cara lebih santai ini. Terlebih dukungan dari perusahaan jasa logistik seperti PT JNE benar-benar mempermudah dan membuat bisnis mereka terus berkesinambungan.

Hal ini setara dengan tantangan ingin dihadapi oleh perusahaan yang lengkapnya dikenal dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). PT Tiki JNE bertekad meningkatkan perekonomian bangsa dalam menghadapi era pasar bebas. Perusahaan ini ingin memantapkan diri dalam menghadapi pembentukan kawasan ekonomi ASEAN terintegrasi tahun 2015, khusus dibidang jasa logistik mulai berlaku 2013 mendatang.

Kejujuran, disiplin, tanggung Jawab, dan visioner merupakan hal utama dari perusahaan yang mengusung tagline Express Across Nation ini. Produk yang ditawarkan pun harus dapat memberikan layanan yang memuaskan bagi para pelanggannya dengan cepat, tepat dan akurat.

JNE memiliki sistem pengelolaan kiriman yang menuntut kedisiplinan tinggi dan sistem pengendalian kualitas yang berlapis. Dari itu diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat modern yang membutuhkan layanan jasa logistik berkualitas.

Perusahaan yang telah bergerak 22 tahun ini memiliki beragam produk unggulan dapat yang menjadi pilihan konsumen. Mulai Yakin Esok Sampai (Yes), pengiriman Reguler, Pesona, Spesial service, ongkos kirim ekonomis serta money transfer.

Sedangkan untuk memberikan layanan prima kepada pelanggan dan optimalisasi operasional, JNE melakukan roadshow ke beberapa daerah di Indonesia. "Kegiatan itu bertujuan untuk mengevaluasi seluruh kinerja mulai dari kualitas, operasional hingga pelayanan yang maksimal," tutur Edi Santoso Direktur Operasional JNE, didampingi Mulyanto Tarigan, Service Exelent JNE, saat menggelar  agent Gathering JNE Batam di Hotel Novotel, Jumat (16/11) lalu.

Evaluasi itu kata Edi, dilakukan di seluruh divisi mulai dari rencana kerja, budgeting termasuk standarisasi di seluruh bagian. Target yang ingin dicapai yakni menjaga kualitas layanan yang setara di segala level.

"Memasuki penghujung tahun ada beberapa kinerja cemerlang dari JNE salah satunya pencapaian pengiriman tepat pada waktunya mencapai 96 persen secara nasional," ujarnya sembari mengkalim bahwa JNE menguasai 50 persen pasar jasa logistik di tanah air.

Edi menjelaskan, pencapaian pengiriman tepat waktu yang berhasil ditorehkan JNE tersebut, merupakan adanya kerjasama yang baik di seluruh lini mulai dari Currier hingga level manajemen. Edi juga menargetkan tahun 2013 pencapaian tersebut bisa lebih meningkat. (El Tjandring)


Anda sedang membaca artikel tentang

Layanan Memuaskan Cepat, Tepat dan Akurat

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/11/layanan-memuaskan-cepat-tepat-dan-akurat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Layanan Memuaskan Cepat, Tepat dan Akurat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Layanan Memuaskan Cepat, Tepat dan Akurat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger