Lokon Semburkan Abu Vulkanik 3.500 Meter

Written By Unknown on Rabu, 28 November 2012 | 12.41

Tribun Batam - Rabu, 28 November 2012 12:02 WIB


"Abu vulkanik yang keluar akibat letusan Gunung Lokon mencapai ketinggian kurang lebih 3.500 Meter,"
Suwarno
Petugas Pos Pemantau Gunung Lokon


Laporan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNNEWSBATAM, MANADO - Rabu(28/11/2012) pagi, Gunung Lokon kembali meletus. Letusan kali ini sempat membuat warga panik, mengingat terdengar dentuman sangat keras hingga menggetarkan rumah-rumah warga.

"Abu vulkanik yang keluar akibat letusan Gunung Lokon mencapai ketinggian kurang lebih 3.500 Meter," ujar Suwarno, petugas Pos Pemantau Gunung Lokon kepada Tribun Manado.

Abu vulkanik yang keluar dari Kawah Tompaluan Gunung Lokon, belum menjangkau wilayah Tomohon karena masih berada dalam posisi vertikal ke udara. "Untuk sementara abu vulkanik belum bisa diprediksi akan jatuh kemana, karena masih dalam posisi vertikal ke udara," jelasnya.

Sejak semalam, tanda-tanda akan terjadinya letusan memang sudah terlihat dengan meningkatnya kegempaan pada sesmograf di Pos Pemantau, baik gempa tremor maupun vulkanik.

"Supply energi masih terus berlangsung setelah letusan, jadi Warga harus terus berhati-hati, dengan tidak melakukan aktivitas dalam radius bahaya 2,5 Km atau mendaki hingga ke puncak," tuturnya.

Di Tinoor, Kecamatan Tomohon Utara menurut Oscar Lolowang, terjadi kepanikan karena warga mendengar dentuman keras akibat letusan Gunung Lokon. "Kami sampai berhamburan keluar rumah, karena kami kira ada bom meletus seperti d Hirosima Jepang," katanya.

Di Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah juga terdengar dentuman akibat letusan. "Saya terkejut karena mendengar letusan keras, dikira bom ternyata Gunung Lokon yang meletus," ungkap Ruddy Pitoy, warga Kolongan Lingkungan 1.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lokon Semburkan Abu Vulkanik 3.500 Meter

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2012/11/lokon-semburkan-abu-vulkanik-3500-meter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lokon Semburkan Abu Vulkanik 3.500 Meter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lokon Semburkan Abu Vulkanik 3.500 Meter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger