Skutik Makin Menggelitik Pasar Otomotif

Written By Unknown on Senin, 14 Januari 2013 | 12.41

Tribun Batam - Senin, 14 Januari 2013 11:45 WIB


TRIBUNBATAM, JAKARTA
- Sepeda motor tipe skuter otomatis alias skutik masih menjadi andalan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor domestik untuk menggenjot penjualan ditahun ini.

Dua tahun belakangan ini, skutik terus melahap porsi penjualan sepeda motor nasional.

Bila tahun 2011, penjualan skutik memangsa 51,6 persen dari total penjualan sepeda motor nasional yang sebanyak 8,04 juta unit, tahun lalu, sudah melahap sekitar 59,3 persen dari total penjualan sepeda motor yang sebesar 7,14 juta unit.

Sigit Kumala, Ketua Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) skutik sudah menjadi motor terlaris saat ini lantaran pengoperasiannya yang mudah tanpa gigi. "Skutik paling fleksibel dan bisa dikendarai oleh siapa saja," katanya.

Ia pun yakin, meski pertumbuhan penjualan sepeda motor domestik tahun ini akan stagnan akibat imbas penerapan uang muka kredit minimal, penjualan skutik masih terus menderu.

"Saya perkirakan, pangsa motor skutik tahun ini di atas 60 persen dari total penjualan motor nasional," timpalnya.

Para pabrikan sepeda motor domestik sendiri memang tengah berupaya menggenjot penjualan skutik. Apalagi bagi PT Astra Honda Motor (AHM) yang menguasai pasar motor skutik nasional, yakni sebesar 67 persen dengan total penjualan mencapai 2,86 juta unit tahun lalu.

Hasil penjualan skutik Honda tahun lalu sudah sanggup menopang hingga 70 persen dari total penjualan Astra Honda yang mencapai 4,09 juta unit.

Penopang terbesar penjualan Astra Honda di tipe ini adalah Honda Beat yang terjual sebanyak 1,46 juta unit tahun lalu.

Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, yakin penjualan Astra Honda tahun ini bakal tumbuh positif terdorong dari keberadaan Honda Beat versi terbaru yang berteknologi injeksi yang meluncur di pasar sejak Oktober 2012.

Thomas menargetkan hingga akhir tahun ini, Astra Honda Motor diharapkan bisa menguasai pasar sepeda motor nasional antara 63 persen - 65 persen. "Tahun ini, skutik masih tetap menjadi nomor satu," ucapnya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menikmati kue penjualan skutik tahun lalu sebanyak 1,25 juta unit atau 29,5 persen dari pangsa pasar skutik nasional. Skutik Yamaha pun menopang 51 persen dari total penjualan Yamaha di 2012 sekitar 2,43 juta unit.

Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyatakan tahun ini Yamaha akan menggenjot penjualan di segmen skutik.

Mereka sudah melansir produk skutik teranyar yakni Yamaha Soul GT dan Yamaha Xeon RC yang memakai teknologi injeksi.

Menurut Eko, langkah Yamaha ini untuk bisa menaikkan angka penjualan Yamaha tahun ini yang ditargetkan sebesar 2,7 juta unit. Tahun lalu, penjualan Yamaha mencapai 2,6 juta unit.

Manager Pemasaran 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya mengatakan, Suzuki juga tidak mau ketinggalan mengupayakan menggenjot penjualan skutik.

Tahun lalu, skutik Suzuki memberi kontribusi cukup lumayan yakni sebesar 26,6 persen atau mencapai  123.879 unit dari total penjualan motor Suzuki yang sebesar 465.630 unit. Produk andalan adalah skutik Nex yang terjual 73.692 unit tahun lalu.

Yohan yakin, motor skutik masih mendominasi penjualan sepeda motor. Apalagi adanya kenaikan upah minimum pekerja tahun ini membuat daya beli jadi naik.(kontan)


Anda sedang membaca artikel tentang

Skutik Makin Menggelitik Pasar Otomotif

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/01/skutik-makin-menggelitik-pasar-otomotif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Skutik Makin Menggelitik Pasar Otomotif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Skutik Makin Menggelitik Pasar Otomotif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger