Surya Makmur Minta Gubernur Bantu Peternak Lele Tanjungpinang

Written By Unknown on Senin, 07 Januari 2013 | 12.41

Tribun Batam - Senin, 7 Januari 2013 00:42 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Thomlimah Limahekin

TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG- Peternak lele di Tanjungpinang dan Kepri umumnya kalah saing dengan pasokan lele dari Malaysia.  Belum lagi harga pakan lele yang melambung sehingga mengharuskan peternak lele menaikkan harga pasokan ke pasaran. Jika kondisi itu tak segera diberi perhatian oleh Pemprov maka peternak lele lokal bakal gulung tikar. 

Satu hari kebutuhan lele di kota Tanjungpinang sekitar 4 ton. Tetapi banyak lele ini dipasok dari Malaysia  dengan harga Rp 8 ribu hingga Rp 9 ribu.  Padahal peternak lele lokal menjual Rp 13 ribu hingga Rp 14 ribu perkilonya karena memang harga pakan sudah tinggi. 

"Saya minta Pak Gubernur memberi perlindungan terhadap pengusaha budi daya lele lokal supaya mereka bisa berkembang. Yaitu memberi kemudahan dalam hal pengadaan pakan lele," kata Surya Makmur kepada Tribun, Minggu (6/1) usai melakukan dengar pendapat kepada para pengusaha lele.

Banyak peternak lele di Tanjungpinang mengeluhkan mahalnya harga pakan ternak lele. Harga pakan yang melangit itulah memaksa pengusaha lele di kota Tanjungpinang menaikkan harga lele. Namun dengan itu, mereka justru kalah bersaing dengan pengusaha lele dari Malaysia yang setiap hari memasok lele ke kota Tanjungpinang dengan harga yang relatif lebih murah.

Setelah diselidiki lebih jauh, Surya akhirnya menemukan bahwa pengusaha budi daya lele di kota Tanjungpinang sampai menaikkan harga lele untuk mengimbangi harga pakan yang juga merangkak naik. Untuk membeli 40 kilogram pakan, pengusaha budi daya lele harus merogogoh kocek Rp 360 ribu. Biaya tersebut dirasakan terlampau tinggi dan dianggap membebankan pengusaha lele yang ada di kota Tanjungpinang. "Kalau peternak lele tak dilindungi bisa gulung tikar," tambah Surya Makmur politisi Demokrat. 

Selain itu, Surya mendesak Gubernur untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha kecil menengah yang mengelola usaha makanan ringan.  Karena saat ini pun UKM kota Tanjungpinang mengalami kendala dalam memasarkan barang dagangannya dengan alasan kemasan yang tidak laik jual. "Kita juga perlu bantu mereka (pelaku usaha UKM_red) dalam hal packaging. Kan ada dana untuk UKM itu," pungkas Surya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Surya Makmur Minta Gubernur Bantu Peternak Lele Tanjungpinang

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/01/surya-makmur-minta-gubernur-bantu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Surya Makmur Minta Gubernur Bantu Peternak Lele Tanjungpinang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Surya Makmur Minta Gubernur Bantu Peternak Lele Tanjungpinang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger