Jelang Imlek, Warga Tiongkhoa di Tarempa Gelar Sembahyang Bagi Leluhur

Written By Unknown on Senin, 11 Februari 2013 | 12.41

Tribun Batam - Senin, 11 Februari 2013 11:39 WIB


Laporan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNBATAM, ANAMBAS

- Mendekati tahun baru imlek 2561 sejumlah warga tiongkhoa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melakukan sembayang bagi leluhur.

Kegiatan yang dilakukan tersebut, sudah mulai terlihat di kediaman masing-masing warga. MUlai dari mempersiapakan dan menyajikan makanan dan minuman baik untuk di dalam rumah maupun di klenteng.

"Biasanya beberapa hari menjelang Imlek, ada waktu dimana umat konghucu melakukan sembayang bagi leluhur dengan menyajikan berbagaia makanan dan minuman. Mulai dari buah, daging hingga membakar dupa di rumah mereka masing-masing," terang Atoi, salah satu warga tarempa yang ditemui Tribun di Pasar Tanjung Tarempa, Anambas, Sabtu(9/2/2013) siang.

Ia juga mengatakan sembayang leluhur biasanya dilakukan setiap hari menjelang imlek, guna mengingat dan mengenang para leluhur, keluarga, famili yang telah meninggal. Selain itu, warga juga banyak yang melakukan sembayang Dewa yang ditujukan agar rejeki yang telah di berikan kiranya bisa disyukuri dan berharap kedepan bisa lebih baik lagi.

"Dua sembayang itu biasanya harus dilakukan. dan merupakan tradisi menjelang imlek," ungkapnya.

Setelah melakukan itu, biasanya pada pukul 19.00 WIB hingga tengah malam, jelasnya, warga tiongkhoa biasanya mendatangi klenteng mereka dan berdoa hingga membakar dupa.

"Harapannya agar di berikan kesehatan, murah rejeki dan kemudahan dalam berbisnis. Biasanya itu yang di panjatkan," jelasnya.

Dan bagi anak-anak muda mereka akan menyambut tahun baru dengan memasang petasan dan memainkan permainan barongsai yang mengandung arti mengusir segala yang jahat dan menyambut segala yang baik.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jelang Imlek, Warga Tiongkhoa di Tarempa Gelar Sembahyang Bagi Leluhur

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/02/jelang-imlek-warga-tiongkhoa-di-tarempa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jelang Imlek, Warga Tiongkhoa di Tarempa Gelar Sembahyang Bagi Leluhur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jelang Imlek, Warga Tiongkhoa di Tarempa Gelar Sembahyang Bagi Leluhur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger