Ford Fiesta Hemat Bahan Bakar dan Lincah Dikendarai di Kota

Written By Unknown on Selasa, 26 Maret 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Yusuf Riadi

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Pangsa mobil hatcback semakin digemari saat ini. Berbagai merek dan jenis mobil sudah merambah di jalanan Kota Batam. Tidak ketinggalan, mobil Ford manufaktur asal Amerika mencoba peruntungan di kelas ini. 

Ford Fiesta sebagai small hatchback memperkenalkan 'kinetic design' (teorema desain mobil yang seolah membuat kendaraan terlihat bergerak meski dalam keadaan diam). Tidak hanya itu, desain tersebut juga di klaim bisa mengelimir suara dan getaran serta berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar.

Untuk di wilayah Batam Ford hadir melalui PT Mayapada Auto Sempurna, Fiesta hadir dalam tiga tipe 1.4 liter Style MT dan Trend MT/AT serta 1.6 liter versi sport dengan fitur transmisi dual clutch six-speed powershift.

"Jenis mobil Ford khususnya Fiesta tetap mengusung keunggulan pada desai interior dan sisi eksterior yang dinamis," ujar Jessy Wenas Sales Counter Ford Batam, Senin (25/3/2013).

Dibekali dengan desain ekspresif yang dinamis, Ford Fiesta menonjolkan keunggulannya. Selain itu, mobil ini juga memiliki ciri khas lain, yaitu 'trapezoids grille'. Desain grille ini bahkan telah menjadi identitas Ford sejak awal millenium silam. Desain bonnet yang menukik, garis bahu tegas, slope pilar-A dan garis atap melengkung ke belakang mampu memberikan angka koefisien hambat 0,33.

Urusan dapur pacu, Fiesta mengusung mesin Duratec 1.4-liter, dengan teknologi Twin Independent Variable Camshaft Timing (Ti-VCT). Fitur ini berguna mengatur poros dalam silinder mesin agar memberikan efisiensi bahan bakar. Selain itu mesin bertenaga 95 hp pada 5.750 rpm dengan torsi sebesar 128 Nm pada 4.200 rpm ini telah memenuhi standar emisi Euro III.

Bahkan aplikasi teknologi Electric Power Assist Steering (EPAS) berfungsi secara optimal mengurangi beban pada lingkar kemudi. Fitur ini juga dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan. Artinya, EPS akan memberat atau ringan, sesuai dengan lintasan yang dilalui. Sementara itu radius putar 5,1 meter memberi ruang cukup untuk memutar di area sempit.

Dengan susunan gear yang rapat (close ratio). Untuk kecepatan dalam kota dimana pergerakan mobil dibawah 80 kpj, Fiesta mencatat torehan waktu sekitar satu detik untuk kenaikan tiap 10 kpj (0-10 kpj 0,9 detik, 0-20 kpj 2,0 detik dst). Sedangkan untuk kecepatan diatas 80 kpj, kenaikan waktu menjadi dua detik per 10 kpj (0-90 kpj 12,6 detik, 0-100 kpj 14,7 detik).

"Jenis Fiesta juga dirancang sebagai mobil perkotaan yang lincah," ujar dia  

Selain itu, bagian keselamatan jenis Fiesta dibentuk dengan konsep Side Protection And Cabin Enhancement (SPACE). Tidak hanya itu, fitur Passenger Occupant Detection System (PODS) akan memperingati penumpang atau pengemudi untuk memakai sabuk pengaman, dan kantung udara yang tersebar di beberapa titik rawan.

"Soal keselamatan yaitu Electronic Stability Control (ESC) yang dipadukan dengan Anti-lock Brake System (ABS). Tak ketinggalan, Electronic Brake Distribution (EBD) sebagai fitur standar demi meningkatkan respon pengereman," ujar Jessy. 

Kabin Dirancang Moderen

Selain menonjolkan kendaraan lincah urusan interior dan eksterior mobil Fiesta juga tak bisa dianggap sebelah mata. Mulai dari ruang kabin yang dirancang secara modern dan perspektif. Efeknya, ruang terasa cukup lega dan nyaman. Pandangan ke depan juga luas berkat windscreen (kaca depan) yang landai. 

Sedangkan posisi mengemudi juga cukup tinggi, sehingga menambah keyakinan pengemudi dan strategis dalam menjangkau tombol-tombol di konsol tengah.

Generasi terbaru dari Ford ini menyajikan rangkaian tombol menu dan angka yang desainnya serupa ponsel. Perpaduan lampu berkelir orange dan merah memeriahkan konsol tengah.

Dan kabarnya, hal inilah merupakan salah satu kunci larisnya Fiesta di pasar Eropa. Hampir semua bentuk tombol pada fascia tengah melengkung keluar guna mempermudah sentuhan jari.

Bahkan Ford Fiesta juga menawarkan teknologi terbaik di kelasnya. Adalah fitur Voice Control System yang merupakan fitur pertama di kelas small hatchback di Indonesia. 

Dengan fitur ini, kita dapat mendengarkan musik atau bertelpon via bluetooth. Pergunakan bahasa Inggris dengan dialek yang tepat agar fitur dapat bekerja maskmal.

"Untuk menerapkannya terlebih dahulu menyinkronkan bluetooth headset terhadap audio mobil, Anda dapat menekan tombol voice command di tuas kiri di belakang setir. Lalu, tinggal menyebutkan nama, atau nomor telepon, dan seketika suara lawan bicara akan terdengar di kabin mobil," ujar Jessy.

Sisi ergonomis juga dikedepakan pada baigan interior, seperti kontrol audio di lingkar kemudi dan bentuk jok berdesain semi-bucket. Kursi ini mampu menahan badan agar tidak bergeser saat mobil bermanuver. Sayangnya nilai ergonomis tidak menjalar ke tata letak kenop power window. 

Selain tampilan interior yang penuh gaya, desain kabin Fiesta juga dapat dikatakan sebagai "ruang multifungsi". Dengan penyimpanan ekstra di beberapa sisi, membuat ruang interior terkesan fleksibel. 

Bottle holder di setiap pintu, shoes storage di bawah kursi pengemudi depan dan cup holder di bagian tengah. Volume bagasi tercatat 281 liter dengan kondisi jok belakang tegak dan naik menjadi 965 liter jika kursi belakang dilipat. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ford Fiesta Hemat Bahan Bakar dan Lincah Dikendarai di Kota

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/03/ford-fiesta-hemat-bahan-bakar-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ford Fiesta Hemat Bahan Bakar dan Lincah Dikendarai di Kota

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ford Fiesta Hemat Bahan Bakar dan Lincah Dikendarai di Kota

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger