Hari Ini, Puluhan WNA Vietnam Kunjungi Pulau Kuku

Written By Unknown on Sabtu, 20 April 2013 | 12.41

Tribun Batam - Sabtu, 20 April 2013 09:49 WIB

Laporan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNBATAM, ANAMBAS

- Jika tidak ada halangan berarti, hari ini (Senin(20/4)), puluhan warga negara asing (WNA) Vietnam yang berasal dari Vietnam, Australia, dan Amerika akan mengunjungi pemakaman pengungsi camp Vietnam yang ada di Pulau Kuku dan Air Raya, Kecamatan Jemaja.

Kepastian kunjungan tersebut didapati oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Dinas Pariwisatanya melalui sebuah surat yang dikirim oleh Carina Hoang, salah satu bekas pengungsi Vietnam 1979 yang saat ini bermukim di Amerika.
 
"Dear Mr Tengku Mukhtarudin, My name is Carina Hoang, a former Vietnamese refugee in Anambas region in 1979. Since 2009, I had Brought many families from different countries back to Anambas region to visit and search for graves of their loved ones who died in refugww camps due ti illnes," tulis Carina dalam suratnya yang ditunjukan Iwan K Roni, Kepala Dinas Pariwisata KKA ke Tribun di ruang kerjanya, Jumat(19/4) pagi.

Menanggapi hal tersebut, Iwan menyatakan akan membantu dan memfasilitasi para WNA dari Australia, Vietnam dan Amerika tersebut untuk berkunjung dan melakukan wisata religus di dua pulau tersebut.

"sesuai arahan pak Bupati, kita akan membantu memfasilitasi mereka selama berada di Anambas. Dan kedepan kita sangat berharap dua lokasi tersebut bisa di jadikan sebagai salah satu destinasi kunjungan wisata religius di Anambas," kata Iwan.

Sebagaimana di ketahui, Pada tahun 1970-an, sekitar 14 ribu pengungsi Vietnam menapakkan kaki mereka di pulau kuku, kepulauan anambas. Mereka adalah korban perang saudara di Vietnam.

Selain di pulau kuku, pengungsi juga merapat di air raya. Rupanya tidak hanya kepulauan anambas yang menjadi tujuan mereka, namun pulau galang di batam pun menjadi tujuan pengungsi lainnya, yang pada akhirnya bermukim hampir dua dasawarsa lamanya.

Dan saat ini, di dua pulau tersebut tercatat sekitar 2.000 kuburan pengungsi Vietnam saat terjadi peperangan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Ini, Puluhan WNA Vietnam Kunjungi Pulau Kuku

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/04/hari-ini-puluhan-wna-vietnam-kunjungi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Ini, Puluhan WNA Vietnam Kunjungi Pulau Kuku

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Ini, Puluhan WNA Vietnam Kunjungi Pulau Kuku

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger