Pajak Online Bisa Dimainkan, Jefridin Evaluasi Penerapan Teknis

Written By Unknown on Kamis, 18 April 2013 | 12.41

Tribun Batam - Kamis, 18 April 2013 11:30 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria S

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM

- Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Batam akan mengevaluasi penerapan pajak online. Ada dugaan sistem online ini bisa dimainkan akan diselewengkan.

"Banyaknya kegagalan penerapan pembayaran pajak berbasis teknologi ini membuat Dispenda harus mengevaluasi kembali, sebelum memutuskan benar benar menggunakan sistem pajak online ini," ujar Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam, Drs H Jefridin MSi, Rabu (17/4/2013).

Jefridin mengungkapkan, saat ini pihaknya cuma baru menguji pajak online ini pada dua jenis pungutan pajak, pertama restoran dan kedua hotel. Dan pihaknya pun hanya mengambil beberapa sample wajib pajak dalam penerapan uji coba pajak online itu.

"Baru diterapkan di tiga restoran dan tiga hotel yang kami ambil secara random atau acak. Ada yang hotel bintang empat ada juga yang bintang tiga. Tapi ini sifatnya baru uji coba saja. Selama tahun 2013 ini akan kami lihat dan evaluasi lagi, bisa atau tidak kita terapkan," ujarnya.

Keraguan raguan tersebut, mengingat dari gagalnya penerapan pajak online di beberapa kota besar lain yang sudah terjadi sebelumnya. Seperti yang terjadi di Surabaya, Jakarta, dan Makasar.

"Harusnya tujuan pajak online ini supaya bisa menggenjot, malah makin hancur. Karena alatnya bisa dimain mainkan. Surabaya gagal, Makasar gagal, ini di Jakarta pun Pak Jokowi baru mau mulai menerapkan lagi," terangnya.

Jika hasil analisa dari berbagai unsur selama tahun 2013 ini, sistem pajak online dinyatakan hasilnya signifikan, maka baru akan diterapkan. "Macam macam kendalanya, seperti hacker. Semakin canggih suatu sistem semakin bisa dihacker. Kita lihat dululah sampai akhir tahun," katanya beralasan.

Terakhir ia menambahkan, untuk total PAD tahun lalu mencapai Rp 400 miliar dari target Rp 340 an miliar. Ada surplus sebesar Rp 60 miliar, sehingga total PAD mencapai 110 persen. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pajak Online Bisa Dimainkan, Jefridin Evaluasi Penerapan Teknis

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/04/pajak-online-bisa-dimainkan-jefridin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pajak Online Bisa Dimainkan, Jefridin Evaluasi Penerapan Teknis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pajak Online Bisa Dimainkan, Jefridin Evaluasi Penerapan Teknis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger