Pemadaman Listrik Dilakukan Hingga Sabtu Pagi

Written By Unknown on Sabtu, 22 Juni 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM

- Pemadaman listrik di Kota Batam terjadi, Jumat (21/6/2013) pagi. Sekitar pukul 08.00 WIB, warga perumahan Legenda Bali langsung mengeluhkan pelayanan penyediaan listrik oleh
PLN Batam. Bagaimana tidak, pemadaman listrik sendiri sudah terjadi sejak Kamis (20/6/2013) kemarin.

"Ini PLN bagaimana sih, semalam mati lampu. Sekarang mati lampu lagi," kesal Kirana warga Legenda Bali Blok C, Batam.

Menurutnya kondisi listrik yang kerap "hidup-mati" itu memperparah kondisi Batam yang masih mendapat kiriman kabut asap dampak kebakaran hutan di Riau.

"Sudah tahu lagi begini (kabut asap), apa nggak makin panas udaranya ditambah listrik mati. Percuma saja bayar listrik ontime ke B'right PLN ini, pelayanannya nggak pernah benar," tambahnya.

Senior Communication Manager B'right PLN, Agus Subekti yang dihubungi Tribun Batam menjelaskan pemadaman listrik kemungkinan besar akan terus berlangsung hingga esok hari.

Menurut Agus, kondisi menurunnya tekanan gas ke pembangkit gas belum kembali normal.

"Pressure (tekanan) gas ke PLTG menurun. Normalnya tekanan 40 bar, sekarang menurun 19 bar. Kenapa menurunnya ini nggak domain kami, ini juga kami sedang menunggu keterangan dari Perusahaan Gas Negara (PGN) kenapa tiba-tiba menurun," papar Agus, Jumat (21/6/2013).

Dari keterangan Agus, kondisi tersebut menyebabkan pihaknya mengalami defisit daya, dan perlu melakukan pemadaman bergilir hingga Sabtu (22/6/2013).

"Proses giliran, karena posisi kita lagi defisit. Pembagian nggak bisa normal. Jadi pemadaman bergilir ini selama empat jam, sampai besok pagi. Sekarang kami sedang usahakan menopang dari PLTU Tanjung Kasam," sebut Agus beralasan.

Namun sayangnya, untuk menggerakan PLTU pun, PLN Batam masih memerlukan waktu beberapa saat. Kata Agus, mesin PLTU perlu dipanasi lebih dahulu sebelum bisa beroperasi.

"Pembangkitnya besar, jadi perlu waktu. PLTU Tanjung Kasam ini belum maksimal, perlu pemanasan. Ibarat kendaraan beda kan dengan yang pakai solar dan bensin. Kalau solar ini perlu dipanasin dulu," tutupnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemadaman Listrik Dilakukan Hingga Sabtu Pagi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/06/pemadaman-listrik-dilakukan-hingga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemadaman Listrik Dilakukan Hingga Sabtu Pagi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemadaman Listrik Dilakukan Hingga Sabtu Pagi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger