Calo Tiket Kapal Pelni Bergentayangan

Written By Unknown on Sabtu, 27 Juli 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Farid Khoiruddin

BATAM, TRIBUN - Pada pertengahan bulan puasa, PT Pelni kebanjiran pemesanan tiket kapal KM Kelud tujuan Tanjung Priok, Jakarta dan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Ditanya tentang persiapan dari Pelni untuk sambut arus mudik, Rey Oberlin Manurung, Kacab Pelni mengatakan tidak akan menambah armada kapal.

Dengan cara optimalisasi jadwal KM Kelud, sehingga kapal tidak untuk portstay satu malam tetapi setelah kapal berlabuh segera berlayar kembali.

"Tidak ada penambahan kapal, namun optimaslisasi jadwal KM Kelud. Yang sebelumnya sampai di Belawan portstay atau Tanjung Priok  portstay, yang masuk Batam kita optimalkan. Jadi dihilangkan portstay-nya, sehingga kapal yang tiba di Belawan balik lagi dan dari Tanjung Priok juga balik lagi," tutur Oberlin kepada Tribunnews Batam, Kamis (25/7/2013).

Untuk kelas, ia mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat menginginkan ekonomi, tetapi untuk yang kelas sudah mulai ada yang memesan. Ia juga menambahkan bahwa puncak mudik pada akhir bulan.

"Masyarakat pada umumnya di kelas ekonomi. Sedangkan untuk puncaknya lonjakan penumpang pada 31 Juli, karena kapal Kelud dari Batam tanggal 31 Juli. Untuk tujuan Tanjung Priok puncaknya 31 Juli dan tujuan Belawan pada 3-9 Agustus masih ada. Jadi H-8 kita laporkan, diharap semua pihak bisa peduli dengan datangnya kapal," ujarnya.

Ditanya tentang harga tiket, Oberlin mengatakan bahwa harga tiket masih tetap.

"Secara resmi belum ada penyesuaian tarif. Harga tiket masih sama, tetap," ujarnya.

Mengenai banyaknya penjual tiket yang berada di luar loket Pelni, Rey Oberlin Manurung mengatakan bahwa tidak ada yang namanya calo.

"Calo ada ya? Banyak ya, ah masak? Kalau kita tanya kepada mereka, mereka pasti mengaku bukan calo. Coba gini aja. Tiket apa yang mereka perjual belikan, pada tiket itu ada kodenya. Kode Pelni yang jelas gak mungkin, kalaupun ada kode travel, maka akan kita tutup travelnya," jelasnya.

Menurutnya, jika ada pihak yang mengambil tiket dari Pelni maka terdapat prinsip dan kontraknya. Bagi yang mengambil tiket, mereka juga deposit sehingga jika tiket terjual atau tidaknya sudah pasti terkontrol.

Ditanya mengenai larangan atau peraturan mengenai pihak lain yang menjual tiket di luar Pelni, Rey menjawab bahwa yang di luar loket termasuk publik area.

"Kita kelemahannya memang di area luar, karena di luar sudah publik area, sehingga kedepan akan menjadikan evaluasi seperti menjual tiket diruangan agar konsumen lebih aman dan nyaman," tuturnya.

Sebut saja Rudi, salah seorang calo tiket KM Kelud. Ia dapat mencari keuntungan yang menjanjikan saat menjelang arus mudik lebaran tahun ini. Dia mengaku bisa jual tiket KM Kelud per harinya bisa 6 hingga 8 tiket, dengan harga yang lebih mahal dibanding membeli tiket di loket resmi Pelni.

"Dalam sehari itu saya bisa mendapat keuntungan Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu. Apalagi nanti mendekati H-7, pasti tiket sulit didapatkan" katanya.

Pasalnya, dari harga tiket yang ia jual memang lebih mahal dari loket resmi. Untuk KM Kelud tujuan Belawan, Medan, ia menjual dari harga Rp 186 ribu menjadi Rp 280 ribu per tiket.

Menurut Rey, tiket KM Kelud tujuan Belawan untuk saat ini, masih ada, akan tetapi untuk tujuan Tanjung Priok sudah habis terjual. Untuk kelas, pihaknya memberi potongan harga tiket dari 35 sampai 45 persen pada hari biasa.

Anwar, manajer akuntansi PT Pelni mengimbau masyarakat untuk membeli tiket di loket yang resmi seperti di kantor PT Pelni atau travel. Hal tersebut berguna bagi penumpang sendiri, untuk kenyamanan bermudik.

Hal serupa juga diiyakan oleh Ending Wahyudi, kepala operasi, bahwa masyarakat harus bijak untuk membeli tiket secara resmi. Jika terjadi apa-apa di perjalanan, maka asuransi tidak akan melindungi dikarenakan nama tidak sesuai.

Apalagi kalau ada masalah, para penumpang ngamuk-ngamuk di kantor Pelni padahal tiket yang mereka gunakan bukan tiket resmi dari Pelni.

Rey menuturkan bahwa untuk melayani penumpang secara maksimal, pihaknya membuka loket dari jam 08.00 WIB sampai keberangkatan kapal. Akan tetapi jika kapal sudah tak ada, maka loket ditutup pada pukul 15.00 WIB.


Anda sedang membaca artikel tentang

Calo Tiket Kapal Pelni Bergentayangan

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/07/calo-tiket-kapal-pelni-bergentayangan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Calo Tiket Kapal Pelni Bergentayangan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Calo Tiket Kapal Pelni Bergentayangan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger