Bakorkamla Miliki Pusdiklat di Bali

Written By Unknown on Rabu, 28 Agustus 2013 | 12.41

Laporan Tribun, Iman Suryanto

JAKARTA, TRIBUN – Pasca dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Republik Indonesia di Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, pada Senin(26/8) lalu, saat ini proses pengerjaan dimulakan.

Pusdiklat yang memiliki luas area mencapai 2 hektar tersebut, sebelumnya telah resmi dibuka pembangunannya oleh Kepala Pelaksana Harian Bakorkamla Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto serta disaksikan secara langsung oleh Kepala Daerah hingga unsur terkait lainnya.

Menurut Kalahar Bakorkamla Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto  melalui Kabag Persidangan, Humas dan Protokol (PHP) Bakorkamla Kolonel (KH) Edi Fernandi yang dijumpai diruangan kerjanya Rabu(28/8) pagi, mengatakan Pusdiklat tersebut sengaja dibangun guna pengembangkan sumber daya operasional peralatan radar, satelit, dan komunikasi yang terbilang sangat penting dan perlu kedepannya.

 "Pusdiklat ini juga menyediakan informasi mengenai keadaan laut serta penanganan segera jika terdapat kasus yang menyangkut keamanan laut Indonesia secara menyeluruh," jelasnya.

Selain itu, jelasnya lagi, tujuan didirikannya Pusdiklat Radar dan Stasiun Bumi ini, disebabkan belum adanya lembaga pendidikan yang mendukung keamanan dan keselamatan laut terpadu sebagai tempat pembinaan sumber daya manusia melalui suatu sistem pendidikan yang bersifat "filling the gap" terhadap sistem yang ada saat ini.

"Baik tenaga operasional di lapangan, tenaga pengawas maupun tenaga pengelola yang dapat mencakup seluruh wilayah indonesia. Dengan adanya Pusdiklat ini, diharapkan dapat menjadi sebuah  solusi bagi bangsa ini,"tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Bali Drs. Dewa Made Indra,M.Si. dalam rilis yang diterima Tribun, menuturkan pihaknya sangat menyambut baik akan adanya pembangunan pusdiklat tersebut. Mengingat dengan adanya Pusdiklat tersebut bisa meningkatkan koordinasi dalam menangani potensi laut yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah.

"Pemprov Bali sangat mendukung sekaligus memberikan dukungan moral agar pembangunan Pusdiklat selesai tepat waktu, sehingga tugas operasional Bakorkamla dapat dilaksanakan sesuai rencana. Potensi laut Indonesia yang kaya sangat strategis sehingga menjadi kedaulatan Kamla sangat penting,"tulisnya.

Menanggapi hal tersebut, Kalahar Bakorkamla Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto mengatakan, dipilihnya Bali untuk dibangunnya Pusdiklat tersebut terbilanhg disengaja. Mengingat saat ini hanya Pemprov Bali yang mau memberikan pinjam pakai tanah untuk pembangunannya.

"Kenapa di bangun di Bali, ya karena yang ngasih tanah dari Provinsi Bali. Jadi ya, terima kasih. Daerah lain belum mau ngasih," kata Bambang.

Disela-sela proses peletakan batu pertama pembangunan Pusdiklat tersebut, Kalahar Bakorkamla Laksdya TNI Bambang Suwarto juga melakukan penanam pohon, yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan Life Jacket kepada nelayan setempat sebanyak 150. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Bakorkamla Miliki Pusdiklat di Bali

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/08/bakorkamla-miliki-pusdiklat-di-bali.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bakorkamla Miliki Pusdiklat di Bali

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bakorkamla Miliki Pusdiklat di Bali

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger