SMAN 1 Siap Ajarkan Kurikulum 2013

Written By Unknown on Kamis, 15 Agustus 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Ahmad Yani

TANJUNGPINANG, TRIBUN - Tidak semua sekolah di Kabupaten Bintan, Kepri, ditunjuk untuk menjalankan kurikulum baru, yakni kurikulum 2013 ini.

Namun hanya sebagian  sekolah SMA, SMP dan SD di Kabupaten Bintan yang ditunjuk untuk menerapkan kurikulum 2013 di tahun ajaran baru ini.

Bahkan sekolah yang ditunjuk tersebut sudah dinyatakan siap untuk menjalankan kurikulum baru tersebut.

Kurikulum baru ini belum bisa dilaksanakan secara serentak di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Bintan, karena terkendala oleh beberapa sarana pendukungnya.

Penunjukkan sekolah-sekolah pelaksana Kurikulum 2013 tersebut dilakukan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mempertimbangkan akreditasi serta kesiapan sarana dan prasarana di masing-masing sekolah.

Adapun sekolah di Bintan yang menerapkan kurikulum 2013 yakni SMA Negeri 1 Bintan, SMP Negeri 2, SMP Negeri 12, dan tiga Sekolah Dasar.

"Jadi, tidak semua sekolah yang menerapkan kurikulum baru ini, hanya sebagian sekolah yang ditunjuk. Dan kurikulum 2013 ini merupakan program nasional," kata kepala Dinas Pendidikan Bintan, Makhfur Zurachman, Rabu (14/8/2013).

Makhfur mengungkapakan, sekolah yang belum menerapkan kurikulum baru ini akan melakukan pemagangan terlebih dahulu, sebelum diterapkan sepenuhnya.

"Setelah berturut-turut tahun ketiga baru dijalankan dan disiapkan kurikulum baru ini. Tak hanya itu yang menjalankan program ini hanya kelas 1, kelas 4. Dan tidak semua kelas yang menerapkan," tambah Kadis Pendidikan.

Makhfur mengungkapkan, kurikulm 2013 penganti Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) ini merupakan  perampingan  terhadap materi pelajaran, dan sedikit  penekanan  sedikit terhadap tematik, proses tingkah laku.

"Jadi tidak hanya dinilai itu dari hasil Ujian nasionaal. Namun, semua harus dinilai termasuk penilaian karakter, penilaian pengetahuan, sikap penilaian berdasarkan proses," ujarnya.

Makhfur optimis sekolah yang ditunjuk oleh Kemendikbud telah siap untuk menjalankan kurikulum tematik integratif itu. Sebab sebelumnya seluruh kepala sekolah maupun pengajar telah mendapatkan bekal berupa pendidikan dan pelatihan (diklat) khsusus.

Meski demikian, ia mengakui masih terdapat beberapa kendala, terutama terkait distribusi buku paket yang menjadi modul pelaksanaan Kurikulum 2013.


Anda sedang membaca artikel tentang

SMAN 1 Siap Ajarkan Kurikulum 2013

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/08/sman-1-siap-ajarkan-kurikulum-2013.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SMAN 1 Siap Ajarkan Kurikulum 2013

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SMAN 1 Siap Ajarkan Kurikulum 2013

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger