Tubuh Andre Terlempar Saat Gudang Meledak

Written By Unknown on Senin, 26 Agustus 2013 | 12.41

BATAM, TRIBUN - Kebakaran hebat terjadi di Komplek Industrial Batu Merah, Batam. Tepatnya berawal dari gudang nomor 3 milik Toko Sulawesi sekitar pukul 12.00 WIB, Sabtu (24/8/2013) siang.

Namun selama tiga jam api berkobar, musibah itu juga menjalar ke gudang nomor 1, 2, dan 4 yang ada di sekitarnya. Empat lokal gudang itu ludes dan tinggal puing-puing.

Api sulit dipadamkan karena di empat gudang itu umumnya berisi bahan-bahan minyak dan plastik.

Gudang Toko Sulawesi berisi tiner dan cat, PT Starlindo Tunggal Pratama di samping kirinya bergerak di bidang penyediaan alat-alat pabrikasi, sementara dua gudang di samping kanannya bergerak di bidang produsen souvenir.

Kebakaran itu diawali dengan munculnya ledakan menggelegar sebanyak dua kali. Asap pekat pun menyebar ratusan meter hingga membuat wilayah sekitar kawasan industri itu gelap.

Bahkan areal PT Profab yang ada di seberang jalan juga diliputi asap hitam ketika para karyawan sedang beristirahat makan siang.

"Bunyinya menggelegar seperti bom. Tanah dan dinding warung kami sampai bergetar hebat. Saat lari keluar, pabrik tertutup asap pekat. Seperti petang hari," ujar Ny Tin, pemilik warung sekitar tempat kejadian kepada Tribun, Sabtu (24/8/2013).

Mengenai asal bunyi ledakan itu diperkirakan tabung gas ukuran besar. Mengenai penyebabnya, warga maupun para karyawan belum bisa memastikan.

Dalam kejadian itu, satu orang pekerja yang saat itu sedang di dalam gudang mengalami luka-luka serius. Informasi terakhir menyebutkan, tubuh karyawan bernama Andri itu terbakar.

Bahkan seorang petugas sekuriti menyatakan, Andri sempat terlempar ke udara saat terjadi ledakan. Beruntung, ia memakai helm pengaman sehingga bagian muka dan kepala tidak terjilat semburan api. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit.

Belum diketahui total kerugian akibat insiden tersebut. Meski demikian, pantauan Tribun, Toko Sulawesi mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan atap gudang tersebut ikut roboh akibat dilalap si jago merah.

Herman, karyawan setempat mengatakan, gudang tiner dan cat yang terbakar itu, sehari-hari biasanya kosong tanpa aktivitas. Hanya sesekali terlihat pekerja di sana yang sibuk mengambil barang dari dalam gudang.

Karenanya terjadinya ledakan itu menimbulkan banyak spekulasi, misalnya instalasi yang lama tidak terpantau, atau karena ada aktivitas pekerja yang lalai sehingga memantik percikan api.

Pantauan Tribun, saat proses evakuasi kebakaran, petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) berhasil mengamankan 3 buah tabung gas sepanjang 1,5 meter dari dalam gudang. Tabung tersebut mengeluarkan gas dari bagian atasnya. Untuk menghentikan hal itu, kain basah sengaja diletakkan menutupi mulut tabung.

"Saya nggak tahu apakah ledakan yang saya dengar berasal dari tabung gas atau akibat tiner dan cat di gudang itu. Karena tiner dan cat juga bahan yang mudah terbakar," kata Herman yang juga saksi mata dalam kejadian itu.

Ia menduga kuat, sumber api berasal dari ban bekas yang terbakar di area luar gudang. Lantaran saat tiba di lokasi, seorang pekerja tengah sibuk memadamkan api dengan air seadanya.

"Mungkin saat itu ada yang merokok dan nggak sadar api sudah menjalar ke dalam gudang. Saat saya datang, api di luar ada, di dalam toko juga ada," ucapnya.

Kebakaran di Batu Merah itu menyita perhatian masyarakat, termasuk Nurzalie, Camat Batuampar dan Kapolsek Batuampar, langsung turun ke lokasi kejadian. Menurut Nurzalie, Toko Sulawesi itu pemiliknya bernama Mulyono.

Meski demikian ia belum mendapat kepastian tentang penyebab percikan api. Tentang jumlah korban, ia telah berkoordinasi dan dipastikan ada satu orang.

"Korban satu orang mengalami luka bakar di lututnya dan saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK)," ucap Nurzalie.

Kanit Reskrim Polsek Batuampar, Iptu Sonny dan Kanit Intel Polsek Batuampar menyatakan masih menyelidiki kejadian tersebut.

"Belum diketahui penyebabnya, sampai saat ini anggota masih lakukan pengembangan," ujar Iptu Sonny. (pwk/mau/wie)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tubuh Andre Terlempar Saat Gudang Meledak

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/08/tubuh-andre-terlempar-saat-gudang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tubuh Andre Terlempar Saat Gudang Meledak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tubuh Andre Terlempar Saat Gudang Meledak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger