Tujuh Napi Gembira Terima Remisi

Written By Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Abdul Rahman Mawazi

LINGGA, TRIBUN - Tujuh orang warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri, mendapatkan remisi pada hari kemerdekaan.

Para napi yang mendapatkan remisi pun tampak senang ketika salami rekan-rekannya. Pembacaan remisi itu dilakukan dengan upacara yang dihadiri unsur Muspida di Kabupaten Lingga.
 
"Totalnya ada tujuh orang. Satu wanita dan enam pria. Dua orang dapat remisi empat bulan, empat orang tiga bulan, satu orang dua bulan," ujar Kepala Rutan Dabo Singkep, Nofrizal, usai upacara pemberian remisi, Sabtu (17/8/2013).

Tidak ada napi yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi tersebut. Upacara pemberian remisi itu dipimpin oleh Kapolres Lingga, AKBP Puji Santosa, dan dihadiri oleh Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Yulianus Poek, Kajari Daik Lingga, Nanang Gunaryanto, asisten dari Pemkab Lingga, serta para tokoh di Lingga.

Nofrizal menjelaskan, saat ini penguin rutan Dabo merupakan nara pidana dari Kabupaten Lingga yang terdiri dua belas orang narapidana dan dua orang tahanan.

Mereka terkait kasus narkoba, asusila, hingga kasus pembunuhan. Sedangkan kapasitas rutan mampu menampung sebanyak 54 orang dari total ruangan yang ada.
 
"Kami akan melakukan yang terbaik dan akan berusaha semaksimal mungkin memberikan pengayoman," kata Nofrizal ketika ditanya perihal aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) atas beberapa kasus di lapas dan rutan yang menjadi sorotan beberapa waktu lalu.
 
Ia pun berupaya melakukan program pembinaan warga binaan tersebut agar bisa mandiri dan berbaur dengan masyarakat ketika nanti sudah bebas.

Menurutnya, kegiatan dengan mengundang beberapa pejabat dari luar itu juga untuk mendekatkan warga binaan agar kelak jika sudah bebas tidak minder.
 
"Kami perlakukan sama. Makan pun tidak beda, tidak pakai kotak. Semuanya mengambil di meja," ujarnya.

Selain itu, para napi laki-laki juga diberikan pelatihan pengelasan dengan hasil berupa tenda dan meja prasmanan yang digunakan pada upacara pemberian remisi itu.
 
Para napi tampak senang dan terhibur dengan kegiatan hiburan yang dilaksanakan usai upacara. Mereka bahkan diajak untuk bernyanyi dan berjoget bersama.

"Senang lah bang. Biar bisa cepat keluar," ujar seorang napi yang mendapatkan remisi ketika di sapa Bintannews disela-sela kegiatan hiburan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tujuh Napi Gembira Terima Remisi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/08/tujuh-napi-gembira-terima-remisi_20.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tujuh Napi Gembira Terima Remisi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tujuh Napi Gembira Terima Remisi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger