Cina Tolak Bauksit Kiriman Penambang Bintan

Written By Unknown on Rabu, 25 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Muhamad Munirul Ikhwan

BINTAN, TRIBUN - Penambangan bauksit di Kabupaten Bintan terancam tutup. Hal ini disebabkan negara Cina (RRC) dikabarkan tak bersedia menerima ekspor bauksit dari Indonesia khususnya Bintan.

Padahal Cina selama ini merupakan negara yang menjadi sasaran ekspor bauksit Kabupaten Bintan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengawasan Tambang, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bintan, Misnuri.

Menurutnya informasi tersebut disampaikan oleh Bupati Bintan Jumat (20/9/2013) lalu saat menghadiri rapat bersama tim pengawas tambang.

"Cina yang diketahui penerima ekspor bauksit dari Bintan kini sudah tidak menerima ekspor bauksit lagi karena stok bauksit di sana sudah banyak. Padahal Cina merupakan sasaran ekspor bauksit," jelas Misnuri, Kepala Bidang Pengawasan Tambang, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bintan, kepada Bintan News (Tribun Network), Minggu (22/9/2013).

Sementara itu untuk masalah ilegal mining itu sendiri, Pemda Bintan tidak memberikan toleransi kepada pelakunya.

Jika diketemukan lagi penambangan yang dilakukan tanpa mengantongi izin maka tim pengawas akan langsung menindak. Hal ini langsung diinstruksikan oleh Bupati Bintan, Ansar Ahmad.

"Kita akan menindak tegas pelaku penambangan ilegal atau penambangan yang tidak sesuai dengan izin yang diberikan. Ini sesuai dengan intruksi Pak Bupati. Namun untuk teknis penindakan masih akan kita rapatkan kembali dalam waktu dekat," jelasnya.

Penambangan bauksit ilegal sangat berdampak terhadap lingkungan, karena penambangan ilegal tersebut tentu tidak mengantongi izin analisis dampak lingkungan (amdal) dari Badan Lingkungan Hidup.

Sehingga, akibat yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

"Kalau tambang ilegal tidak ada izin amdalnya jadi sangat merusak lingkungan. Itulah kenapa tambang harus mengantongi izin karena negara kita memikirkan kelangsungan hidup pada masa yang akan datang serta dampak sosial yang ditimbulkan," jelasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Cina Tolak Bauksit Kiriman Penambang Bintan

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/cina-tolak-bauksit-kiriman-penambang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cina Tolak Bauksit Kiriman Penambang Bintan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cina Tolak Bauksit Kiriman Penambang Bintan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger