Habibie Janji Selesaikan Kemelut Hutan Lindung

Written By Unknown on Minggu, 29 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab dipanggil Habibie berjanji ingin membahas perihal SK Menhut Nomor 463 tentang Kawasan Hutan Lindung.

Di mana pada akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat maupun pengusaha di Batam. Pria yang juga menjadi tokoh pertama pembangun Kota Batam ini, menyebutkan, akan menggagas pertemuan antara dirinya dengan Menteri Kehutanan, Gubernur Kepri, dan Ketua BP Batam dalam waktu dekat.

"Sebelum 7 Oktober 2013 saya berangkat ke Eropa saya sudah berikan jawaban hasil pertemuan. Catat saja poin-poinnya, dari bapak tadi apa, dan dari bapak itu tadi. Supaya nanti saya nggak dibilang sekedar isapan jempol," ujar Habibie saat berdialog dengan beberapa pengusaha dalam silahturahmi BJ Habibie dan Kadin Batam, Sabtu (28/9/2013) di Harris Hotel, Batam.

Dimintai tanggapannya mengenai dualisme kepemimpinan di Batam saat ini, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Otorita Batam itu sempat mengajukan wacana agar dibentuk Daerah Istimewa Barelang. Ia bahkan sedikit menceritakan asal-usul pembangunan Batam dulu.

"Dulu rencananya adalah Batam atau Barelang itu dijadikan seperti daerah istimewa. Sebab lokasi strategis. Saya nggak mau Batam kalau cuma dijadikan gudang Pertamina saat itu.  Tentu untuk membangunnya harus memenuhi persyaratan dan sarana prasarana tertentu. Tapi Batam menjadi pincang karena saat saya belum selesai bertugas, saya sudah ditarik menjadi wakil presiden," ungkap Habibie saat menjawab pertanyaan Ampuan Situmeang, mengenai kewenangan Batam yang masih dualisme antara BP Batam dan satu sisi ada otonomi daerah.

Bahkan dengan rendah hati, Habibie mengakui bahwa sebenarnya ia bisa saja mengubah ketentuan untuk Batam di era kepemimpinannya.

"Saya buat satu kesalahan waktu saya jadi presiden. Saat itu saya mudah saja sebenarnya membuat UU untuk Batam. Kamu bisa bayangkan masa Pak Harto lengser, semua kekuasaan itu ada di tangan satu orang. Tapi saya lalaikan. Saya mengejar semua dalam waktu 24 jam. Setiap hari saya buat undang-undang. Karena kalau waktu itu saya salah langkah bisa gawat. Orang bagaimana, saya pernah terima sampai sepuluh laporan dalam sehari, tapi semuanya nggak match," jelasnya.

Namun begitu, menurut Habibie, tidak menutup kemungkinan saat ini untuk membuat provinsi khusus bagi Batam.

"Di buat provinsi khusus, tapi memang panjang urusannya dengan UU. Dengan UU baru, Daerah Istimewa Barelang. Kenapa tidak bisa, kan sekarang ada Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Daerah Istimewa Yogjakarta, dan Daerah Istimewa Aceh. Daerah Istimewa Barelang karenakan kita sudah bangun jembatannya di sana," ungkap BJ Habibie lagi.

Perubahan regulasi itu, kata Habibie seperti yang menjadi pengalaman pribadinya sendiri terhadap Perdana Menteri (PM) Singapura. Di mana waktu itu ia sengaja mengundang PM Singapura untuk melihat perkembangan pembangunan Batam.

"Dulu PM Singapura bilang silakan Pak Habibie, buat apa saja Anda mau, asal jangan judi. Karena warga saya yang mayoritas Tionghoa itu suka judi, bisa hancur nanti saya, semua nggak ada yang kerja. Dan kedua, warga saya erat dengan orang Indonesia, nanti warga kamu ikut judi lagi. Waktu itu saya bilang benar juga, dan saya janji. I kept my promise, tapi coba lihat sekarang," ceritanya sambil disambut riuh tepuk tangan peserta dialog.

Ketika itu juga, kata Habibie ia mempertanyakan janji PM Singapura.

"Saya kesal juga itu. Terus saya telepon, kok kamu tidak pegang janji kamu. PM Singapura jawab apa, oh itu bukan sistem saya. Tapi sistem generasi penerus saya. Lalu saya fikir lagi, negara Malaysia yang negara Islam saja boleh, so what? Pajaknya mereka pakai untuk bangun sekolah, tempat kesehatan, untuk masyarakat banyak. Dan orang kita pun yang nggak bisa judi di sini akhirnya judi ke sana. Artinya, harus dikaji (review)," ujar pria berusia 77 tahun itu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Habibie Janji Selesaikan Kemelut Hutan Lindung

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/habibie-janji-selesaikan-kemelut-hutan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Habibie Janji Selesaikan Kemelut Hutan Lindung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Habibie Janji Selesaikan Kemelut Hutan Lindung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger