Habibie Kembangkan Batam Lebih Dari Gudang Pipa

Written By Unknown on Minggu, 29 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Hadi Maulana

BATAM, TRIBUN - Presiden RI ke-3, Prof DR Ing Bacharuddin Jusuf Habibieatau populis disapa BJ Habibie sebelum mengembangkan Batam sesuai perintah Presiden RI ke-2, Soeharto, ia sering melawat ke Jerman.

Hal ini diungkapkan BJ Habibie saat menghadiri acara silaturahmi Kadin Batam, BJ Habibie dan Pengusaha Provinsi Kepulauan Riau, di Haris Hotel, Sabtu (28/9/2013).

Saat itu, sebut BJ Habibie, terjadi sekitar tahun 1975. Di mana Batam saat itu masih dipimpin oleh Ibnu Sutowo yang merupakan mantan Kepala Pertamina.

Kala itu, lanjut BJ Habibie, Batam hanya dijadikan sebagai gudang penampungan dan suplai peralatan pipa pengeboran lepas pantai.

"Tahun 1976 saya dipanggil Pak Soeharto untuk memelajari Batam, dan dari sana saya disuruh Soeharto untuk mengembangkan Batam. Saat itu memang langsung saya ambil, namun saya tidak saja mau hanya disuruh mengembangkan Batam hanya sebagai gudang peralatan pengeboran lepas pantai, akan tetapi, saya mau mengembangkan Batam lebih dari gudang. Yakni membangun Batam sebagai wilayah strategis dari pusat perekonomian Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia," ujar BJ Habibie.

BJ Habibie menyebutkan sejak kepemimpinannya sejak tahun 1978 hingga menjelang reformasi, pertumbuhan ekonomi Batam rata-rata 17 persen, bahkan sempat 25 persen. Namun sekarang, hanya 7 persen pertumbuhan ekonomi di Batam.

"Dengan kejadian ini saya mengambil kesimpulan perubahan yang dibuat tidak menguntungkan masyarakat, karena masyarakat selama 22 tahun sudah mengalami pertumbuhan perekonomian yang relatif tinggi, yakni sejak tahun 1978-2000," ungkapnya.

Dan sejak reformasi,  hingga saat ini perkembangan perekonomian di Batam menurun. Yang hanya berkisaran diangka 10 persen, bahkan saat ini hanya 7 persen.

"Dan untuk mengulang masa lalu, sudah saatnya Kadin, DPRD, Pemerintah setempat dan perwakilan pengusaha melakukan evaluasi. Namun jangan terlalu ramai, takutnya malah manjadi omong doang saja," kata BJ Habibie yang disambut tawa sejumlah pengusaha yang hadir.


Anda sedang membaca artikel tentang

Habibie Kembangkan Batam Lebih Dari Gudang Pipa

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/habibie-kembangkan-batam-lebih-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Habibie Kembangkan Batam Lebih Dari Gudang Pipa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Habibie Kembangkan Batam Lebih Dari Gudang Pipa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger