SMK Kartini Sekolah Kejuruan Pertama Di Indonesia

Written By Unknown on Minggu, 29 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Hadi Maulana

BATAM, TRIBUN - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pertama kali yang berdiri di Indonesia adalah di Batam.

Hal ini diungkapkan mantan Presiden RI ke-3 Prof DR Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie saat memberikan kuliah umum di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Keluarga Batam (YKB) ke-53 di Pasific Hotel, Batam, Sabtu (28/9/2013).

Dalam materinya, pria yang akrab disapa BJ Habibie ini menuturkan didirikannya sekolah kejuruan, yakni SMK Kartini semata-samata untuk melahirkan generasi bangsa yang terampil dan profesional di suatu bidang industri.

"Cikal bakal berdirinya SMK Kartini ini berawal ketika dirinya mendapatkan mandat dari mantan Presiden RI ke-2, H M Soeharto untuk membangun Batam sebagai kota industri pada tahun 1978 lalu," ujar BJ Habibie.

Saat itu, BJ Habibie mengaku untuk membangun Batam sebagai kota Industri tidak cukup dengan banyaknya investor yang masuk. Namun sumber daya manusia (SDM) yang ada juga merupakan salah satu syarat dari majunya Batam sebagai kota Industri.

Maka dari itu, melalui YKB yang didirikannya bersama almarhumah Hj Ainun, 35 tahun yang lalu. Didirikanlah sekolah kejuruaan ini.

"Kala itu saya melihat untuk melahirkan SDM yang terampil dengan berpendidikan S1 tentunya terbilang panjang, maka dari itu untuk menghemat waktu, didirikanlah sekolah kejuruan ini, yang awalnya lebih ke jurusan industri perkapalan," paparnya.

"Dan seiring waktu sejumlah daerah langsung mendirikan SMK. Jadi SMK pertama kali di Indonesia ialah SMK Kartini, bukan di Jakarta ataupun di Bandung," ungkap BJ Habibie yang disambut tepukan tangan para guru YKB.

Selain itu, Mantan Ketua Otorita Batam (BP Batam) ini, BJ Habibie menambahkan, didirikannya YKB 35 tahun lalu karena saat itu Batam dibuka sebagai kota industri yang dipimpin dirinya. Sebelumnya diketuai Ibnu Sutowo, Mantan Kepala Pertamina.

BJ Habibie sudah meminta kepada Presiden Soeharto tidak hanya mengurusi masalah perminyakan yang saat itu terus merangkak naik. Akan tapi dirinya juga akan mengurusi kepentingan seluruh masyarakat Indonesia.

"Saat itulah saya dan almarhummah Ainun mendirikan YKB, mengingat tidak sedikit masyarakat Indonesia dari berbagai daerah bertandang ke Batam. Dan karena Batam saat itu belum memiliki sekolah," kenangnya.

Bahkan untuk perusahaan industri perkapalan pertama di Batam, sambung Bj Habibie baru ada satu, yakni perusahaan Mc Dermott. Dan berkembang hingga sekarang ini.


Anda sedang membaca artikel tentang

SMK Kartini Sekolah Kejuruan Pertama Di Indonesia

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/smk-kartini-sekolah-kejuruan-pertama-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SMK Kartini Sekolah Kejuruan Pertama Di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SMK Kartini Sekolah Kejuruan Pertama Di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger