Masyarakat Diminta Sukseskan Tamadun Melayu

Written By Unknown on Jumat, 27 September 2013 | 12.42

Laporan Tribunnews Batam, Thomlimah Limahekin

TANJUNGPINANG, TRIBUN - Kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof DR Boediono MEc membuka Tamadun Budaya Melayu 2013 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (27/9/2013) dipersiapkan sangat serius. Seluruh persiapan menjelang kehadiran RI 2 ini dimantapkan secara matang pada Kamis (26/9/2013) sore.

Menyukseskan kegiatan yang bertaraf internasional itu, seluruh panitia yang terdiri dari instansi, baik vertikal atau horizontal, termasuk TNI/Polri dikerahkan jauh hari untuk mempersiapkan kegiatan ini. Tidak hanya itu, para budayawan, seniman, dan seluruh masyarakat pun dihimbau untuk turut menyukseskan acara ini.

Kepala Biro Humas dan Protokol, Provinsi Kepulauan Riau, Riono, Kamis (26/9/2013) siang, mengatakan, Wakil Presiden datang ke Tanjungpinang hanya untuk membuka kegiatan Tamadun Melayu I 2013. Setelah itu, RI-2 langsung kembali ke Jakarta.

"Untuk kegiatan ini, Pemprov Kepri mengharapkan partisipasi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Kota Tanjungpinang untuk menyukseskan kegiatan ini. Partisipasi itu bisa ditunjukkan dengan tetap menjaga suasana yang kondusif selama kegiatan berlangsung," ujar Riono kepada Tribun.

Dia juga menginformasikan, terkait beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan rangkaian Tamadun Melayu I 2013 itu. Seperti pawai kebesaran sejarah dan Tamadun Alam Melayu, festival seni budaya Melayu Kepulauan Riau, panggung seni budaya Alam Melayu, seminar kebesaran sejarah dan tamadun Alam Melayu, wisata sejarah dan budaya di Ulu Riau dan Pulau Penyengat serta diakhiri dengan penutupan dan pagelaran kegemilangan budaya Alam Melayu.

Sementara tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan Tamadun Melayu I ini meliputi, panggung utama di Gedung Daerah yang dipakai untuk pembukaan, pentas seni tamadun Alam Melayu dan penutupan kegemilangan Alam melayu.

Selain itu, Anjung Cahaya yang digunakan untuk kegiatan pentas musik Tamadun Alam Melayu. Sedangkan gedung Aisyah Sulaiman akan dipakai untuk kegiatan teater tradisi Tamadun Alam Melayu.

Gedung  perpustakaan juga digunakan untuk pelaksanaan festival seni budaya Melayu dan pameran UKM. Terakhir, Gurindam Square dimanfaat untuk kegiatan pameran budaya dan panggung sastra modern tamadun Alam Melayu.

"Pembukaan akan diawali dengan pawai kebesaran sejarah dan tamadun alam Melayu di Gedung Daerah. Sebuah pawai alegoris yang akan menampilkan pundak-puncak kebesaran sejarah dan Tamadun Alam Melayu di Kepri serta keragaman khazanah kebesaran sejarah dan Tamadun Alam Melayu dari masing-masing daerah dan negara peserta ikut andil dalam momen ini," rinci Riono.  

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, lanjut Riono, atmosfer perekonomian di Kepri, khususnya Tanjungpinang sudah tentu akan ditingkatkan. Karena banyak sektor swasta yang dilibatkan, di antaranya transportasi baik darat, laut maupun udara, pihak perhotelan restoran, dan lain-lainnya.

"Intinya kesuksesan kegiatan ini akan menjadi kesuksesan kita semua, bukan hanya milik Pemprov Kepri saja, melainkan milik seluruh masyarakat," ujar Riono.

Sementara itu, demi memantapkan rangkaian acara pada pembukaan Tamadun Melayu I 2013, panitia kegiatan beberapa kali menggelar gladi kotor sebelum akhirnya menggelar gladi bersih. Seluruh pihak yang terlibat dalam acara pembukaan itu dilibatkan dalam gladi tersebut.


Anda sedang membaca artikel tentang

Masyarakat Diminta Sukseskan Tamadun Melayu

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/masyarakat-diminta-sukseskan-tamadun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masyarakat Diminta Sukseskan Tamadun Melayu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masyarakat Diminta Sukseskan Tamadun Melayu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger