Pasien Meninggal Terpaksa Diangkut Lori

Written By Unknown on Rabu, 18 September 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews batam, Muhammad Sarih

BATAM, KARIMUN - Belum tersedianya fasilitas penunjang kesehatan membuat masyarakat di Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, terdengar memprihatinkan. Salah satunya ketiadaan ambulan saat ini.

Untuk mengangkut jenazah atau membawa warga yang sekarat berobat ke puskesmas, terpaksa diangkut menggunakan kendaraan angkutan barang atau lori.
 
"Untuk mengangkut pasien sekarat ke Puskesmas Kundur di Pulau Kundur, kami terpaksa menggunakan lori. Sampai saat ini kecamatan kami belum ada fasilitas Puskesmas dan mobil ambulan," ujar Arie Warisman, Wakil Ketua Himpunan Pemuda Pulau Ungar (HPPU), Selasa (17/9/2013).

Demikian juga jika ada warga yang meninggal dunia. Untuk membawa ke lokasi pemakaman yang jauh tempatnya, warga terpaksa mengangkutnya menggunakan lori.

Kecamatan hasil pemekaran tahun lalu itu berpenduduk sekitar 7.000 jiwa itu, kata Ari, sangat membutuhkan fasilitas kesehatan seperti ambulan.
 
"Coba bayangkan, bagaimana mungkin satu kecamatan dengan penduduk hampir 7.000 jiwa tidak punya ambulan dan Puskesmas. Padahal jalan utamanya sudah diaspal, kami sangat membutuhkan ambulan," pintanya.

Mirisnya, lori yang saat ini ada di kecamatan itu jumlahnya juga terbatas. Ketika lori sedang melakukan bongkar muat, masyarakat yang sakit atau kritis terpaksa menahannya sampai lori yang dibutuhkan hadir di kecamatan mereka.  
 
"Lori jumlahnya sedikit. Ya, kalau memang lori sedang dipakai semuanya, terpaksa warga yang sakit menunggu sampai lori itu datang," katanya.
 
Ari menambahkan bahwa daerah terpencil di Kabupaten Karimun seperti di Kecamatan Ungar tersebut sudah sangat membutuhkan perhatian serius.

Pemerintah daerah rasanya tak hanya menyiapkan infrastruktur kantor camat saja, katanya. Tetapi juga mengutamakan pelayanan kesehatan dan juga akses transportasi untuk pendidikan.

"Kami sangat membutuhkan mobil ambulan yang siap broperasi 24 jam untuk membawa orang sakit dan mengangkut jenazah. Belum lagi kalau ada yang mau melahirkan. Lebih memprihatinkan lagi. Untuk transportasi anak-anak sekolah juga penting," ungkapnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pasien Meninggal Terpaksa Diangkut Lori

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/09/pasien-meninggal-terpaksa-diangkut-lori.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pasien Meninggal Terpaksa Diangkut Lori

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pasien Meninggal Terpaksa Diangkut Lori

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger