Sukhoi Istri Pertama Komandan Skuadron Udara 11

Written By Unknown on Rabu, 30 Oktober 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Aprizal

BATAM, TRIBUN - Selain menjadi Komandan Skuadron Udara 11, Letkol (Penerbang) Deddy Ilham Suryanto Salam, juga sebagai pilot pesawat tempur jenis Sukhoi. Namun demikian, Deddy tetap dikenal mempunyai jiwa kebapakan di kalangan teman-teman dan bawahannnya sesama pilot.

Sebelum menjadi pilot Sukhoi, ia sudah terlebih dahulu menjadi pilot pesawat tempur jenis A4. Selama bergabung dengan Sukhoi, Deddy sudah memiliki 1.200 jam terbang dari 4.000 jam penerbangan.

"Saya lulus Akabari di TNI AU tahun 1995 dan bergabung di Sukhoi pada tahun 2008 awal. Untuk bergabung di Sukhoi, saya pendidikan dulu selama enam bulan di Rusia. Dalam masa pendidikan itu, kami benar-benar diharuskan menguasai pesawat tempur ini," jelas Letkol (Penerbang) Deddy Ilham Suryanto Salam kepada Tribun, Selasa (29/10/2013).

Sudah banyak misi yang ia emban. Pertama misinya saat melakukan latihan tempur dengan Australia. Saat itu Sukhoi menjadi salah satu pesawat tempur yang disegani dan undang khusus.

"Banyak lagi misi yang saya lakukan bersama Sukhoi, tertutama misi pertahanan wilayah teritorial NKRI di perbatasan. Masih ingat penurunan paksa pesawat Pakistan di Bandara Hasanudin, Makassar, pesawat itu saya yang paksa turun. Waktu itu, pesawat Pakistan itu tidak mempunyai izin terbang di wilayah timur. Saya langsung yang ambil kendali untuk memaksa pesawat itu turun," cerita Deddy.

Di luar misi yang dilakukan Sukhoi, setiap hari pilot pesawat Sukhoi wajib melakukan dua kali penerbangan.

"Bagi saya sendiri, pesawat tempur jenis Sukhoi ini sudah bisa diibaratkan istri pertama saya. Maksudnya dalam melakukan tugas, tapi kalau di rumah tetap istri yang pertama. Setiap hari tidak bisa lepas dari pesawat ini, karena kalau di TNI AU, alat yang awaki," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sukhoi Istri Pertama Komandan Skuadron Udara 11

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/10/sukhoi-istri-pertama-komandan-skuadron.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sukhoi Istri Pertama Komandan Skuadron Udara 11

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sukhoi Istri Pertama Komandan Skuadron Udara 11

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger