Sikap Apindo Dinilai FSPMI Kurang Dewasa

Written By Unknown on Jumat, 15 November 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menyayangkan sikap Apindo Kepri. Menurut Ketua Pimpinan Cabang (PC) FSPMI Batam, Yoni Mulyo Widodo, melalui pesan singkatnya kepada Tribun Batam, Kamis (15/11/2013).

Pernyataan Apindo yang menyatakan usulan wali kota tentang upah kelompok usaha tidak berpihak kepada pengusaha, dinilai sungguh tidak dewasa.

Dengan tegas pria itu bahkan menyatakan, Apindo Kepri sebagai perwakilan pengusaha dengan mengeluarkan pernyataannya tersebut tidak mencerminkan sebagai perwakilan pengusaha yang berwawasan pembangunan.

"Apindo ini kok nggak jelas sikapnya. Ketika kita minta UMK tinggi selalu dikatakan hal ini menyulitkan UKM. Bahkan sampai rekan UKM melakukan aksi demo. Nah sekarang pemerintah coba akomodir hal itu dengan UMK yang agak direndahkan malah dibilang tidak pro pengusaha," ujar Yoni.

Padahal seharusnya, kata Yoni, Apindo harus melihat dan mengakui di sisi lain kalau sektor industri di Batam pun kebanyakan industri Penanaman Modal Asing (PMA). Yang barang tentu kemampuan finansialnya jauh lebih baik.

"Maka tidak salah kalau Wali Kota Batam, dengan hak otonomi daerahnya untuk membuat kelompok usaha. Di samping itu, salah satu tugas Dewan Pengupahan Kota (DPK) juga adalah membentuk sistem pengupahan yang sesuai daerah masing masing. Inikan artinya, Apindo yang menolak kelompok usaha itu menunjukkan sikap yang tidak pro pembangunan," bebernya.

Apindo, kata Yoni tidak berusaha menempatkan masalah pada tempatnya, dan hanya main pukul rata. Sikap seperti ini, menurut pria berambut keriting itu, tentu bisa memancing keributan.

Karena saat ini rekan-rekan pekerja pun sudah cukup cerdas untuk bisa menilai, mana yang layak mendapat upah lebih, dan mana yang sedang, sesuai tingkat risiko.

"Sementara Apindo maunya hanya berkutat bagaimana UMK serendah-rendahnya. Miris kami melihatnya. Pekerja saja tidak menuntut pemerintah berpihak pada pekerja. Kami justru meminta agar pemerintah bisa mempertimbangkan usulan pekerja dan kondisi daerah. Semoga Apindo bisa lebih bijak dalam bersikap dan berkomentarlah," jelas Yoni.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sikap Apindo Dinilai FSPMI Kurang Dewasa

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/11/sikap-apindo-dinilai-fspmi-kurang-dewasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sikap Apindo Dinilai FSPMI Kurang Dewasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sikap Apindo Dinilai FSPMI Kurang Dewasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger