Tiga Puluh Jam Petugas Tarik Kapal Penyelundup

Written By Unknown on Kamis, 21 November 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Rachta Yahya

KARIMUN, TRIBUN - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang impor tanpa dilengkapi dokumen pelindung yang sah.

Bawang merah berjumlah 70 ton asal Portklang, Malaysia hendak diselundupkan ke Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara berhasil ditegah kapal patroli BC-8001 dengan Kopat Wagimin di perairan Tanjung Siapi-api, Sumut, Selasa (19/11/2013) sore sekitar pukul 18.30 WIB.

Agustyan, Kepala Seksi Penindakan dan Sarana Operasi DJBC Khusus Kepri, Rabu (20/11/2013) siang sekitar pukul 14.00 WIB mengatakan bawang merah impor itu diangkut menggunakan Kapal Motor (KM) Restu Ibu GT 33 dengan kru 9 orang.

Saat ditegah, petugas tidak mendapati perlawanan berarti dari para pelaku. Untuk nilai barang, Agustyan memperkirakan senilai Rp 1, 4 miliar dengan asumsi satu kilogram seharga Rp 20 ribu.

Penegahan ini, terang Agustyan merupakan yang kelima kalinya. Sebelumnya, pihaknya juga berhasil menggagalkan penyelundupan dengan barang bukti serupa yakni bawang merah oleh dua kapal. Kasusnya kemudian dilimpahkan ke BC Belalawan, Sumatera Utara.

"Ini penegahan yang kelima kali dalam beberapa waktu belakangan ini. Sebelumnya, kami juga berhasil menggagalkan penyelundupan bawang merah sebanyak dua kapal, kasusnya kami limpahkan ke Belalawan," ujar Agustyan kepada Tribun kemarin.

Terkait modus para pelaku untuk menyelundupkan bawang merah ilegal asal Malaysia itu, Agustyan mengatakan pelaku masih menggunakan modus lama yakni mengangkut tanpa dilengkapi dokumen pelindung yang sah.

Butuh waktu selama 30 jam bagi DJBC Khusus Kepri untuk menarik kapal beserta muatannya dari Tanjung Siapi-api, hampir mendekati Tanjungbalai Asahan ke Karimun.

"Cuaca lumayan buruk lah, makanya proses menarik kapal beserta muatan dan kru kapal sebanyak 9 orang sampai memakan waktu hampir 30 jam ke Karimun. Tapi syukurnya, semuanya bisa sampai di Karimun dengan lancar dan aman," kata Agustyan yang juga mengatakan keberhasilan itu berkat kegiatan patroli rutin yang dilakukan jajarannya di sekitar perairan Selat Malaka.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Puluh Jam Petugas Tarik Kapal Penyelundup

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/11/tiga-puluh-jam-petugas-tarik-kapal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Puluh Jam Petugas Tarik Kapal Penyelundup

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Puluh Jam Petugas Tarik Kapal Penyelundup

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger