Mayjen Istu Ajak Prajurit Sepakat di Ruangan dan Bersatu di Lapangan

Written By Unknown on Minggu, 22 Desember 2013 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Hadi Maulana

BATAM, TRIBUN - Pangdam Kodam I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE MM mengingatkan seluruh prajurit TNI AD di Kepri agar menjaga perbatasan dan menjaga netralitas. Imbauan ini khusus anggota Kodim 0316/Batam.

Demikian ditegaskan Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE MM dalam acara Pengarahan Pangdam Kodam I Bukit Barisan (BB) kepada seluruh prajurit dan Persit di Makodim 0316/Batam, Sabtu (21/22/2013) di Seraya Atas, Batam, dalam rangkaian kunjungan kerjanya (kunker) ke Kepri.

Di hadapan 400-an prajurit dari Kodim 0316/Batam, Yonif 134 TS, dan Rumkitban Batam, Pangdam Kodam I/BB menuturkan Batam merupakan wilayah perbatasan yang cukup strategis.

Sehingga perlu mendapatkan pengawasan serius, baik menimalisir keamanan dan keutuhan NKRI maupun peluang masuknya barang-barang haram jenis narkotika.

"Batam khususnya dan Kepri umumnya merupakan daerah terdepan, untuk itu TNI AD yang bertugas di wilayah ini perlu sigap guna menjaga keutuhan NKRI. Terlebih Kepri banyak memiliki pulau-pulau kecil yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia," ujar Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE MM.

Dari kunjungan kerja ini, Pangdam I/BB juga melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan tugas-tugas TNI AD dijajarannya dalam menyambut pelaksanaan Pemilu 2014 mendatang.

"TNI AD siap ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2014. Salah satu persiapannya, sebagian pasukan yang berasal dari jajaran Kodam I/BB saat ini sedang mengikuti penataran Penindakan Huru Hara (PHH)," sebut Mayjen TNI Istu Hari Subagio.

Adapun tujuannya, untuk menyamakan teknik dan taktik dalam melaksanakan penanggulangan huru-hara dan membantu kepolisian dalam mengamankan pelaksanan pemilu 2014 mendatang.

"Keterlibatan TNI dalam tugas perbantuan ini sesuai dengan UU RI Nomor 34 tahun 2004. Salah satunya, tugas TNI adalah membantu tugas-tugas Polri khususnya dalam rangka menghadapi huru-hara apabila diminta," tegasnya.

"Dan yang terpenting prajurit TNI AD harus netral dan dilarang keras memihak kepada salah satu warna," tegas Pangdam.

Tak hanya itu, dalam kunker kali ini ke Batam, Kepri Pangdam I/BB juga menyosialisasikan 10 atensi Pangdam I/BB untuk dilaksanakan seluruh prajurit TNI AD di bawah jajaran Kodam I/BB.

Adapun 10 atensi tersebut, yakni pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME. Kedua, tingkatkan disiplin dengan berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit, dan delapan wajib TNI.

Ketiga, tingkatkan profesionalisme dan proporsionalisme sesuai tugas dan tanggung jawab jabatan dengan selalu belajar dan berlatih. Keempat, tingkatkan semangat dan kinerja per orangan guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas satuan.

Kelima, tingkatkan pelaksanaan binsat untuk mendukung kemampuan dan kesiapan satuan dalam menghadapi tugas-tugas kedepan serta tingkatkan pelaksanaan pembinaan keluarga (KBT) sehingga terwujud suasana yang harmonis.

Kemudian keenam, laksanakan pemberdayaan potensi wilayah dengan mengaplikasikan lima kemampuan tersikap baik-baik dengan rakyat sehingga tercipta suasana aman bersahabat, ingat bersama rakyat TNI kuat.

Ketujuh, tekan angka pelanggaran wujudnya tercapainya zero pelanggaran, hindarkan dari pelanggaran ilegal logging atau ilegal fishing, susila, narkoba, lalu lintas dan pelanggaran lainnya, hindari konflik dengan rakyat, sesama anggota TNI/Polri serta jaga netralitas TNI pada tahun politik 2014.

Selanjutnya kedelapan, tingkatkan koordinasi secara terus menerus dengan satuan atas, satuan bawah, satuan samping atau instansi lain dengan selalu memegang prinsip bersepakat di ruangan, bersatu di lapangan.

Kesembilan, tingkatkan pelaksanaan deteksi dini dan cegah dini setiap perkembangan situasi yang terjadi sehingga timbulnya kerawanan dapat ditanggulangi.

Serta kesepuluh, jaga citra Kodam I/BB dengan memegang teguh jiwa dan semangat patah tumbuh hilang berganti yang memiliki makna prajurit Kodam I/BB siap memikul tugas-tugas kedepan yang di estafetkan para pendahulu kita.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mayjen Istu Ajak Prajurit Sepakat di Ruangan dan Bersatu di Lapangan

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/mayjen-istu-ajak-prajurit-sepakat-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mayjen Istu Ajak Prajurit Sepakat di Ruangan dan Bersatu di Lapangan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mayjen Istu Ajak Prajurit Sepakat di Ruangan dan Bersatu di Lapangan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger