Rosalina Lemah Kontrol Emosi

Written By Unknown on Kamis, 19 Desember 2013 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

BATAM, TRIBUN- Penganiayaan yang dilakukan Rosalina (23) hingga berujung tewasnya Muhammad Rizky Zakcy (3), ikut ditanggapi psikolog Batam Medical Centre, Evy Rakryani.

Menurutnya, kondisi kejiwaan Rosalina yang baru saja keguguran, memungkinkan emosinya menjadi tidak terkontrol. Hal ini diperparah lagi dengan hubungan Rosalina dengan sang suami, Achen, tidak harmonis.

"Orang yang keguguran itu sama seperti orang yang baru melahirkan. Ada ketidakseimbangan hormonal yang mempengaruhi emosinya. Biasanya nggak enak badan, ditambah lagi hubungan dengan suami nggak harmonis. Hal ini ikut mempengaruhi kondisinya jadi labil, terguncang," ucap Evy, Rabu (18/12/2013).

Masih dibayang-bayangi penyesalan akibat terpaksa menikah dengan Achenpun, memungkinkan Rosalina gelap mata hingga kerap menganiaya Rizky. Bocah malang itu menjadi pelampiasan atas kejengkelan Rosalina kepada Achen.

"Kontrol emosinya mungkin rendah. Paling mudah melampiaskannya dengan pihak yang lemah. Mau melawan suami, nggak berani. Apalagi anak ini bukan anak dari rahimnya sendiri dan lagi rewel-rewelnya. Kalau dia tidak bisa berbesar hati menerima kondisinya, dia tidak bisa berhenti menyakiti," ucapnya menganalisa.

Menyikapi permasalahan ini, Evy menyarankan, seharusnya suami dan istri mampu bersikap terbuka. Walau bagaimanapun kondisi orangtua, anak tetap harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup dari orangtua. Tidak hanya fisik, namun juga jiwanya.

"Walau bagaimanapun, anak harus disayangi bukan disakiti. Apalagi umurnya masih 3 tahun, kalaupun dia rewel dan nakal, itu adalah proses wajar anak mencari jati dirinya. Di umur seperti itu, rasa keakuannya muncul, harus beda. Ingin dilihat keberadaannya. Dan orangtua seharusnya memahami kondisi anak ini," saran Evy.

Jikapun antara suami dan istri tidak mampu saling terbuka menyelesaikan permasalahannya sendiri. Ia menyarankan, pasangan suami istri itu meminta bantuan kepada pihak ketiga, dalam hal ini keluarga yang dipercayakan ataupun konsultan perkawinan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Rosalina Lemah Kontrol Emosi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/rosalina-lemah-kontrol-emosi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rosalina Lemah Kontrol Emosi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rosalina Lemah Kontrol Emosi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger