Tujuh Belas Negara Siap Selamatkan Natuna dari Tsunami

Written By Unknown on Sabtu, 28 Desember 2013 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Muhammad Ikhsan

NATUNA, TRIBUN - Puluhan kapal perang dari 17 negara bakal mengepung perairan Natuna pada Maret 2014 mendatang. Mereka akan berkumpul lebih dulu di Batam dan bergerak ke perairan Tarempa dan Natuna.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ranai, Kolonel Agus Hariyadi menjelaskan, personel gabungan ini akan melakukan SOP penanggulangan bencana secara terkoordinir.

Namun yang jelas kehadiran militer asing ini bukanlah dalam agenda latihan perang, namun menjadikan perairan Natuna dan Tarempa sebagai lokasi simulasi.

"Ada simulasi dengan skenario seolah terjadi bencana di Laut Cina Selatan yang menimbulkan tsunami, kita akan latih koordinasi dan SOP seperti apa evakuasi medis dan penyaluran logistik," papar Agus, saat dijumpai Tribun, Kamis (26/12/2013) siang.

Kenapa Natuna yang notabene bukanlah jalur bencana seperti vulkanik dan gempa dijadikan lokasi latihan? Agus pun menegaskan hal ini tak lepas dari kondisi geopolitik di Laut Cina Selatan.

"Ini sekaligus memperlihatkan eksistensi negara kita, bahwa lokasi latihan di Laut Cina Selatan ini adalah wilayah kita. Kaitannya erat dengan kondisi geopolitik juga. Kita tau wilayah Laut Cina Selatan kondisi geopolitiknya cukup 'panas'," terangnya.

Agus menambahkan, perlu dirumuskan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam koordinasi penanggulangan bencana yang melibatkan pihak asing.

"Kita nggak ingin kejadian bantuan asing saat tsunami di aceh terjadi. Di mana kapal asing lego jangkar di wilayah tertentu dan menerbangkan helikopter ke titik-titik tertentu, namun di luar pantauan pihak kita. Jadi kedepan perlu ada SOP, di bawah koordinasi kita," terangnya.

Pelaksanaan Latgab ini rencananya akan dilakukan Maret minggu-minggu ke empat sampai minggu pertama April. Pada Februari nanti didahului kegiatan-kegiatan bhakti sosial di Natuna oleh TNI AL maupun angkatan laut negara asing.

Agus menyebut keterlibatan kekuatan asing dalam Latgab ini adalah ASEAN plus. Angkatan Laut Cina hingga US Marine dari Amerika juga diundang dalam kegiatan ini.

Latihan ini meliputi Search and Rescue (SAR), serta bakal melibatkan Badan Nasional Penunggulangan Bencana (BNPB) terkait apa saja yang dilakukan bersama masyarakat.

"Semacam mulitaleral exercise dalam civil military coordination. Negara-negara sahabat sudah menyatakan kesediannya dalam beberapa rapat Initial Planning Conference dan Midle Planning Conference. Sementara Januari nanti akan digelar Final Planning Conference di Batam," ungkap Agus.

Kapal-kapal asing ini akan mendatangi Batam, setelah itu melakukan kegiatan di Tarempa dan Natuna. Sebelumnya aksi sosial bakal dilakukan di beberapa lokasi latihan seperti Sabang Mawang, Pulau Laut, Penagi dan Sepempang.

"Negara kita adalah negara yang rawan bencana, tak hanya tsunami, bisa jadi gempa, badai dan sebagainya. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya perlu ada SOP yang lebih rinci," tegasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tujuh Belas Negara Siap Selamatkan Natuna dari Tsunami

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/tujuh-belas-negara-siap-selamatkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tujuh Belas Negara Siap Selamatkan Natuna dari Tsunami

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tujuh Belas Negara Siap Selamatkan Natuna dari Tsunami

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger