Waspada! Bayi Anda Bisa Terserang Alergi

Written By Unknown on Minggu, 15 Desember 2013 | 12.41

Laporan Wartawan Tribun Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Alergi bisa menyerang bayi. Kondisi dari suatu reaksi berlebihan dari sistem pertahanan tubuh untuk melawan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh ini rupanya tidak cuma menyerang orang dewasa.

Alergi pun bisa menyerang anak-anak, bahkan dalam usia dini. Pengetahuan orangtua terhadap gejala-gejala alergi pada bayi menjadi penting mengingat bahaya yang dapat disebabkan oleh alergi.

Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) bekerja sama dengan Morinaga pun menggelar seminar awam mengenai alergi pada bayi, Sabtu (14/12/2013) pagi.

"Hari ini ada dua tema besar yang kita bahas bersama morinaga kepada para orangtua. Yang pertama mengenai alergi pada bayi dan potensi anak. Memang seminar kali ini kami fokus kepada anak-anak," ujar Shinta Trilusita, Manager Bussines and Development RSAB kepada Tribun Batam.

RSAB menyediakan dua narasumber dalam seminar anak itu, sesi pertama diisi oleh Dewi Metta, dokter spesialis anak RSAB yang berbicara mengenai alergi pada bayi. Dan keduua Mariana, dokter psikologi anak RSAB yang membahas mengenai potensi-potensi pada anak.

Menurutnya, penting saat ini bagi para ibu untuk mengenali kejadian alergi pada bayi. Pasalnya, hal itu berhubungan dengan penanganan pertama yang bisa dilakukan oleh orangtua.

"Misalnya, alergi pada susu sapi. Kalau tidak ditangani secara cepat, bayinya selain sakit nggak bisa dapat asupan yang cukup lagi. Bayi pun mengalami komplikasi juga. Jadi memang penting harus terdeteksi lebih dini," jelasnya.

Kalau si ibu mengetahui gejala-gejalanya, jadi penanganan cepat. Secara umum, gejala-gejala alergi di antaranya ruam-ruam, bengkak, dan lainnya. Pembengkakan, kata Shinta tidak terjadi di bagian luar tubuh bayi saja. Tapi bisa juga terjadi di bagian dalam tubuh.

"Kalau bengkaknya di dalam, misalnya di saluran nafas itu yang bisa berakibat fatal. Karena bengkak, ada penyempitan, dan jadi sesak nafas. Bahkan kalau tidak ditangani tertutup semua bagaimana? Bisa meninggalkan," jelasnya.

Terakhir ia menyebutkan, seminar tersebut diikuti oleh masyarakat umum. RSAB sendiri selalu memberikan pengumuman melalui radio ataupun pesan singkat (sms) kepada masyarakat luas, khususnya pasien RSAB.


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspada! Bayi Anda Bisa Terserang Alergi

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2013/12/waspada-bayi-anda-bisa-terserang-alergi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspada! Bayi Anda Bisa Terserang Alergi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspada! Bayi Anda Bisa Terserang Alergi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger