Selama Dua Bulan 124 Istri di Tanjung Pinang Minta Cerai dari Suami

Written By Unknown on Senin, 31 Maret 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Mhd Munirul Ikhwan

TRIBUNNEWSBATAM.COMBINTAN- Selama dua bulan, Januari dan Februari 2014, sebanyak 182 perkara cerai masuk ke Pengadilan Agama (PA) Kelas 1 B Tanjung Pinang.

Angka ini didominasi oleh cerai gugat yaitu 124 perkara. Ini berarti selama dua bulan tersebut sebanyak 124 orang istri minta diceraikan dari suaminya.

Menurut Humas PA Tanjung Pinang H Gusnahari melalui Panitra Muda Hukum Muzahar, kebanyakan istri mengajukan gugatan cerai dikarenakan faktor ketidakharmonisan.

"Misalnya sering bertengkar. Selain itu himpitan ekonomi dan gangguan pihak ketiga juga jadi faktor," katanya beberapa waktu lalu.

Dikatakannya rata-rata kasus perceraian terjadi pada masyarakat ekonomi kelas menegah ke bawah. Namun sebagian juga masyarakat yang bekerja sebagai pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ekonomi menengah keatas.

Tak hanya perceraian, pada bulan Januari-Februari juga tercatat satu perkara poligami dan tujuh perkara dispensasi nikah.

Dia juga menjelaskan jumlah perkara tersebut mencakup Tanjungpinang dan Bintan. Karena sampai saat ini PA kelas 1 B Tanjung Pinang masih membawahi wilayah hukum Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan.

Namun menurut Muzahar wacana pembentukan PA Bintan saat ini mulai bergulir walaupun belum ada pembahasan resmi. Ini karena jumlah perkara yang ditangani sudah banyak dan wilayah kerja PA Tanjung Pinang juga luas.

Selain itu PA yang letaknya berada di Senggarang Tanjung Pinang juga terlalu jauh bagi warga Bintan.

Namun saat ini, pihak PA bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan sudah melakukan sidang keliling. Hal itu dilakukan untuk membantu masyarakat agar tidak terlalu jauh ketika berurusan dengan PA.

"Tiap Rabu rutin sidang keliling di Kijang kalau untuk Tanjunguban itu tentatif," jelasnya. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Selama Dua Bulan 124 Istri di Tanjung Pinang Minta Cerai dari Suami

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/03/selama-dua-bulan-124-istri-di-tanjung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Selama Dua Bulan 124 Istri di Tanjung Pinang Minta Cerai dari Suami

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Selama Dua Bulan 124 Istri di Tanjung Pinang Minta Cerai dari Suami

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger