Jadi Tuan Rumah Raker Apeksi 2014, Kepala Daerah Kumpul di Batam

Written By Unknown on Kamis, 17 April 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Elhadif Putra

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Sejumlah Wali Kota dari lima provinsi di Sumatera berkumpul di Batam, mulai 16-18 April 2014 dalam agenda Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) 2014.

Tema yang diusung pada Raker Komwi I Apeksi 2014 ini adalah "Mengoptimalkan Manfaat dan Meminimalkan Ancaman terhadap Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean 2015".

Adapun wali kota yang termasuk dalam Komwil I Apeksi yaitu Walikota Medan sebagai Ketua, walikota Pematang Siantar, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Binjai, Sibolga, Padang Sidempuan, Gunung Sitoli, Batam, Tanjungpinang, Pekanbaru, Dumai, Padang, Pariaman, Bukittinggi, Solok, Padang Panjang, Sawahlunto, Payakumbuh, Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Langsa, dan Subulussalam.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Raker Komwil I Apeksi 2014, H. Raja Supri, S.Sos, M.Si mengatakan penunjukan Batam sebagai tuan rumah berdasarkan pada Keputusan Rapat Sidang Komwil I Apeksi tentang Penyusunan Program Kerja Komwil I Apeksi Tahun 2013-2014, pada 24 April 2013 lalu di Medan.

"Raker Komwil I Apeksi 2014 ini diisi kegiatan diskusi panel dan sidang pleno, di Harmoni One Hotel, Batam Centre, pada hari Kamis. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi dijadwalkan hadir sebagai Keynote Speaker sekaligus membuka acara," kata Raja Supri, Senin (14/4).

Kegiatan diskusi akan diisi dua narasumber. Pertama yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan topik "implementasi UU 5/2014 tentang ASN terhadap penguatan aparatur pemerintahan kota". Dan topik kedua yaitu "upaya mengoptimalisasi manfaat dan antisipasi terhadap ancaman dalam rangka pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean 2015" dengan narasumber Menteri Perdagangan.

"Kegiatan ini akan hasilkan rekomendasi tentang isu-isu aktual penyelenggaraan pemerintahan daerah. Di antaranya terkait Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparat Sipil Negara (ASN), dan rencana pembentukan sekretariat bersama Komwil I," kata Asisten Pemerintah Sekretariat Daerah Kota Batam ini.

Pada Raker kali ini ini juga akan ditandatangani MoU antara Walikota Batam dengan Plt Walikota Medan dalam hal perdagangan, jasa, dan pariwisata.

Kegiatan lain yang memeriahkan acara Raker Komwil I ini yaitu pawai budaya, Ladies Program bagi para istri Walikota, dan ditutup dengan city tour.

Pawai budaya akan dilaksanakan dari depan Harmoni Hotel hingga Hotel Nagoya Plaza, Kamis siang usai sidang pleno. Tiap kota akan membawa 60-100 peserta dalam barisan pawainya. Sementara Ladies Program diisi kegiatan fashion show pakaian adat daerah. Acara ini akan digelar di Barelang Seafood pada Kamis pagi.

Raker Komwil I Apeksi 2014 ini juga akan dihadiri Gubernur Kepulauan Riau, Ketua serta Anggota DPRD Provinsi Kepri dan Kota Batam, Ketua Dewan Pengurus Apeksi pusat, Muspida Kota Batam, SKPD, camat dan lurah se-Kota Batam, serta Dharma Wanita Kota Batam.

Dalam sambutannya walikota Batam, Ahmad Dahlan, mengucapkan selamat datang kepada para walikota yang telah hadir. Dalam sambutan tersebut wako juga memperkenalkan satu-persatu walikota serta tamu-tamu yang telah hadir di acara makan malam di Harmoni One, Rabu (14/4) malam.

Selain itu Wako juga membeberkan rangkaian acara Raker Komwil I Apeksi 2014. "Besok pagi aveksi akan mengadakan sidang. Sorenya anggota Raker akan mengadakan pawai ditengah kota Batam. Dan akan diakhiri dengan acara fashion show untuk ibu-ibu undangan dipinggir laut," ujar Dahlan.

Pawai budaya akan dilakukan dari McD sampai Nagoya plaza. Para walikota akan berada di panggung yang berada di depan Nagoya Plaza.

Selain itu di Komwil ini mempunyai misi agar pariwisata Batam semakin meningkat. Dahlan mengatakan jika untuk kedepan kota Batam bisa menjadi pintu gerbang pariwisata Sumatera.

"Misinya agar Batam menjadi pintu gerbang wisata untuk Sumatera," lanjut Dahlan.

Suasana acara makan malam bersama ini berlangsung hangat. Setelah mengadakan malam bersama, beberapa orang walikota ini bernyanyi di atas panggung. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Jadi Tuan Rumah Raker Apeksi 2014, Kepala Daerah Kumpul di Batam

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/04/jadi-tuan-rumah-raker-apeksi-2014.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jadi Tuan Rumah Raker Apeksi 2014, Kepala Daerah Kumpul di Batam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jadi Tuan Rumah Raker Apeksi 2014, Kepala Daerah Kumpul di Batam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger