Waspada! Modus Penipuan 'SKSD' Merebak di Tarempa

Written By Unknown on Rabu, 16 April 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam, Septyan Mulia Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ANAMBAS - Ada-ada saja cara penjahat dalam melancarkan aksi penipuan kepada calon korbannya. Modus penipuan "sok kenal sok dekat" atau SKSD yang selama ini banyak terjadi disejumlah daerah juga dialami oleh masyarakat yang berdomisili di Tarempa, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

Regar, salah seorang warga di Tarempa mengaku ditelefon orang dengan nomor yang tidak dikenalnya. Tidak ada rasa kecurigaan, Regar pun mengangkat telefon yang ditujukan kepadanya.

"Disana suaranya laki-laki. Ngakunya namanya Heri, dan lagi ada d isalah satu SPBU diBatam," ujarnya Rabu (16/4).

Regar pun menjelaskan, dari penuturan Heri itu, ia menemukan tas yang berisi 2 unit smartphone, serta emas seberat 30 gram lengkap dengan surat-surat dan kartu identitas pemilik yang berada di Medan.

"Entah kenapa cocok pula, karena kebetulan saya orang Medan kan. Mulai lah dia menanyakan kabar orang yang saya kenal pun tidak. Waktu dia telefon, memang saya jelaskan bahwa saya sedang bersama kawan-kawan saya, eh dia bilang suruh agak menjauh pula," beber pria yang sudah lebih dari 2 tahun tinggal di Tarempa ini.

Sadar akan dirinya merasa ditipu, Regar pun langsung menegaskan kepada lawan bicara ditelefonnya itu bahwa dirinya tidak berada di Batam, melainkan tengah berada di luar kota.

"Saya bilang saya sedang berada di Natuna. Soalnya dia ngomong minta alamat dan nomor rekening saya, ya tak saya kasih lah," ucap Regar.

Regar pun bahkan mencoba untuk kembali menelefon yang bersangkutan, namun sayangnya nomor yang dituju mendadak sibuk.

Dibagian lain, Kapolres Natuna AKBP Anton Setyawan yang dihubungi Tribun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan sejumlah modus penipuan ini.

"Kami mengimbau agar jangan terlalu percaya lah. Pakai logika juga, misalnya kalau memang benar itu barang milik kita, usahakan untuk bertemu secara langsung.  Hindari lewat telefon, kecuali memang kita betul-betul kenal dengan orang yang dimaksud," imbaunya.

Anton menjelaskan, berbagai modus kejahatan pada saat sekarang ini banyak dilancarkan sejumlah oknum untuk mengelabui calon korbannya.

"Salah satunya dengan modus seperti tadi itulah. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada," tutupnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspada! Modus Penipuan 'SKSD' Merebak di Tarempa

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/04/waspada-modus-penipuan-sksd-merebak-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspada! Modus Penipuan 'SKSD' Merebak di Tarempa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspada! Modus Penipuan 'SKSD' Merebak di Tarempa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger