Punya Subsidi Rp 1 M, Pemkab Natuna Jajaki Jalur Udara ke Pontianak

Written By Unknown on Sabtu, 28 Juni 2014 | 12.41

Laporan Tribunnews Batam,  M Ikhsan

TRIBUNNEWSBATAM.COM, NATUNA-  Sejak vakumnya Sky Aviation di dunia penerbangan, akses lintas udara dari Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) ke Pontianak, Kalimantan Barat sama sekali tidak ada. Padahal lalu lintas warga Ranai - Pontianak dan sebaliknya cukup penting, pasalnya di Ranai banyak warga Kalbar yang bermukim.

Bupati Natuna, Ilyas Sabli mengakui sejauh ini pihaknya tengah menjajaki kerjasama dengan maskapai Kalstar Aviation, yang bisa menempatkan sebuah pesawat fokker berkapasitas 45 kursi untuk jalur perintis tersebut.

"Secara kalkulasi ini, cukup proporsional dengan ketersedian anggaran kami. Kita sebenarnya punya Rp1 M untuk subsidi penerbangan ke Pontianak tahun ini. Jika pesawat jenis boeing kita subsidi dengan block seat tentu tak efesien seperti selama ini. Jumlah seat jenis boeing bisa 90 atau 100 lebih, sementara maskapai minta subsidi seat hingga 75 persen. Ini kurang menguntungkan kita mengingat jumlah penumpang yang terisi paling 30 persen dari jumlah seat ke Pontianak," ujar Ilyas.

Pemkab, menurutnya sudah memerintahkan Dinas Perhubungan untuk melakukan kalkulasi kebutuhan anggaran tersebut secara proporsional. Hal ini, sebut Ilyas sebenarnya sudah dirundingkan dengan koordinator penerbangan perintis yang berbasis di Singkep, Lingga tersebut. Namun belum ada kepastian akses.

Dikatakannya banyak maskapai yang enggan melakukan penerbangan reguler ke Ranai karena dianggap kurang strategis dari sisi bisnis. Soalnya Ranai selama ini hanya sebagai destinasi dan bukan lokasi transit.

"Jika ada penerbangan yang transit di Ranai. Mungkin saja jalur ke sini dilirik untuk penerbangan reguler. Cuma kan kita hanya jadi lokasi destinasi, setelah itu pesawat balik lagi. Biaya operasional dan pendapatannya tidak sebanding," kata Ilyas.

Namun ia menegaskan tetap mengupayakan jalur udara ke Natuna bisa dinikmati masyarakat dengan operimal. Salah satunya dengan merampungkan fasilitas enclave sipil Ranai. Langkah-langkah strategis juga tengah dirancang bagaimana akses udara ke Natuna bisa lebih dilirik maskapai. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Punya Subsidi Rp 1 M, Pemkab Natuna Jajaki Jalur Udara ke Pontianak

Dengan url

http://sriwijayaposting.blogspot.com/2014/06/punya-subsidi-rp-1-m-pemkab-natuna.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Punya Subsidi Rp 1 M, Pemkab Natuna Jajaki Jalur Udara ke Pontianak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Punya Subsidi Rp 1 M, Pemkab Natuna Jajaki Jalur Udara ke Pontianak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger